Raja Saudi Inginkan Pintu Kakbah dan Makam Ibrahim Dirombak, Mungkinkah?

Mekkah, (gomuslim). Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis memberikan pernyataan berisi perintah untuk mendesain ulang pintu Kakbah dan Makam Ibrahim. Desain baru yang diharapkan oleh Raja Salman adalah desain yang serasi dengan nuansa arsitektur Islam. Pintu yang terlihat sekarang ini tekesan sudah lama, sehingga Raja Salman hendak melakukan renovasi ulang dan mendesain bentuk atau corak baru pada pintu tersebut. Kemudian selain itu, Makam Ibrahim pun juga diharapkan untuk didesain ulang dan disesuaikan bentuknya dengan bangunan Masjidil Haram dan arsitektur Islam.

Terkait perintah penguasa Saudi itu, maka menurut Wakil Ketua Deputi Pelayanan Umum Masjid Haramain menjelaskan bahwa perintah Raja Salman ini telah direspon baik oleh Ketua Umum Pengurus Masjid Haramaian Syeikh Abdurrahman Assudais. Ia akan segera melakukan upaya mendesain ulang pintu Kakbah dan rumah Makam Ibrahim sesuai dengan arsitektur Islam.

Sebagaimana yang dilansir dari al-madina Selasa, (14/06/2016), selama kerajaan Ali Saud  berdiri, telah terjadi dua kali pembuatan atau renovasi pintu Kakbah, yaitu:

Pintu pertama dibuat di masa pemerintahan Abdul Aziz pada tahun 1363 H/1944 M. Pintu ini terbuat dari Almunium setebal 2.5 cm dan tingginya 3.1 meter, kemudian bagian luar pintu dilapisi perak yang dicat emas dan dihias dengan kaligrafi Asmaul Husna. Pengrajin terkenal yang dilibatkan dalam proses pembuatan pintu ini adalah Syaikh Ash Shagah.

Sedangkan pintu yang kedua adalah pintu yang terlihat saat ini yang dibuat oleh Raja Khalid pada tahun 1397 H/1977 M. Saat itu ia membuat dua pintu, yang pertama untuk Kakbah dan yang kedua pintu taubat. Kedua pintu yang pembuatannya diinisiasi oleh Raja Khalid ini masing-masing terbuat dari emas. Pada saat itu pembuatan kedua pintu tersebut telah mengahabiskan dana sebesar SAR 13.420.000 dan 280 kg sedangkan proses pembuatan pintu kakbah pada masa pemerintahan Raja Khalid telah memakan waktu selama 1 tahun. Selengkapnya tentang pintu Kakbah dapat dibaca di: http://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/2016/04/18/223/pintu-kakbah-dari-masa-ke-masa-benarkah-cicit-nabi-adam-yang-pertama-kali-buat-.html

Namun sampai saat ini Raja Salman hanya meminta desain baru untuk pintu Kakbah dan rumah Makam Ibrahim, sehingga dengan demikian belum ada keterangan resmi mengenai biaya yang akan dikeluarkan pemerintah Arab Saudi terkait renovasi atau penggantian pintu Kakbah dan rumah Makam Ibrahim. Namun tentunya dengan suhu udara panas yang ada di Mekkah maka spesifikasi pintu Kakbah harus mengacu pada pintu Kakbah yang dibuat oleh Raja Khalid atau lebih baik dari pintu tersebut, adapun spesifikasinya adalah sebagai berikut:

• Pembuatan dengan metode terbaru dan memilki daya tahan yang tinggi;

• Pintu berfungsi tanpa perlu biaya pemeliharaan;

• Tahan dengan kondisi cuaca di Mekkah;

• Harus ada talang air yang dapat mencegah masuknya hujan;

• Dekorasi menarik dipilih dari dari berbagai jenis bahan ornament;

• Pada sudut atas pintu ditambahkan dua motif yang berbeda.

Desain baru yang diminta oleh Raja Salman terkait Pintu Kakbah dan Makam Ibrahim diharapkan dapat selesai sebelum penempelan emas pada Kiswah Kakbah. Dengan demikian, berdasarkan perintah raja Salman maka bisa saja ada kemungkinan pintu Kakbah akan diganti demikian pula halnya dengan rumah Makam Ibrahim. (fh)


Back to Top