Amalan Ramadhan, Rumah Zakat dan GO-JEK Kolaborasi Salurkan Donasi Lewat Aplikasi

Jakarta, (gomuslim). Pada bulan Ramadhan ini, Rumah Zakat dan perusahaan jasa ojek online GO-JEK berinisiasi untuk membuat program sosial untuk saudara-saudara muslim  yang kurang beruntung. Program yang diberi nama “Ramadhan Bersama Go-Jek” ini menggandeng lembaga sosial kemanusiaan Rumah Zakat, untuk membantu mengumpulkan serta menyalurkan donasi dari para penggunanya dan agar bisa tepat sasaran.

Chief Marketing Officer (CMO) GO-JEK Piotr Jakubowski  mengatakan program Ramadhan sudah dapat diakses melalui versi terbaru aplikasi Go-Jek. Untuk kerja sama dengan Rumah Zakat, layanan yang turut berpartisipasi adalah Go-Send, Go-Box dan Go-Tix.

“Kami sudah menyiapkan program ini sejak beberapa bulan. Kami berharap misi Go-Jek ini bisa lebih mempermudah kehidupan penumpang dan driver, untuk salaling berbagi di bulan suci ini,” tambah Piotr, seperti dilansir dari SelularID.

Piort juga menjelaskan donasi berupa barang bantuan yang terkumpul melalui layanan Go-Send dan Go-Box akan disalurkan kepada penerima manfaat yang membutuhkan dan berhak di seluruh area pemberdayaan binaan Rumah Zakat yang tersebar di 724 wilayah. Selain itu, donasi melalui Go-Tix dapat dipilih di berbagai program pemberdayaan yang dikelola Rumah Zakat yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi menerangkan program ini dalam prosesnya, pihak Rumah Zakat akan membantu mendistribusikan donasi melalui Go-Jek ke berbagai wilayah dan sebisa mungkin menjangkau banyak orang yang membutuhkan. Kerja sama ini akan digelar sepanjang Ramadhan tahun ini. Namun tidak menutup kemungkinan untuk berlanjut di luar bulan puasa.

GO-BOX hadir dan membantu penyaluran donasi ke berbagai Panti Asuhan yang bekerja sama dengan Rumah Zakat. Para pengguna GO-JEK juga dapat berbagi bersama dengan mengirimkan donasi barang melalui layanan GO-BOX dan GO-SEND atau dengan memberikan donasi uang dan membeli paket donasi yang tersedia di layanan GO-TIX.

Adapun langkah-langkah menggunakkan aplikasi GO-JEK untuk menyalurkan donasi adalah dengan beberapa tahapan. Pertama, masyarakat bisa menggunakkan GO-BOX untuk kirim donasi dalam jumlah besar dari area Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta dengan cara: pilih layanan GO-BOX pada aplikasi GO-JEK, pilih jenis armada yang sesuai dengan jumlah donasi yang ingin Anda sumbangkan, masukkan alamat penjemputan donasi, masukkan “GOxRZ” pada kolom destinasi dan pilih alamat sesuai kota Anda, sertakan "Warehouse Rumah Zakat" pada kolom location details, masukkan contact person penerima donasi sesuai kota Anda (lihat tabel dibawah), tulis jenis dan jumlah donasi yang ingin disumbangkan pada kolom ‘item’, dan driver GO-BOX akan langsung menjemput dan mengirim donasi yang telah disiapkan.

Kedua, dengan menggunakan GO-SEND untuk kirim donasi dalam jumlah kecil dari area  Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Makassar dengan cara:pilih layanan GO-SEND pada aplikasi GO-JEK, masukkan alamat penjemputan donasi, masukkan “GOxRZ” pada kolom destinasi dan pilih alamat sesuai kota Anda, sertakan "Warehouse Rumah Zakat" pada kolom location details, masukkan contact person penerima donasi sesuai kota Anda, tulis jenis dan jumlah donasi yang ingin disumbangkan pada kolom item, dan driver GO-JEK akan langsung menjemput dan mengirim donasi yang telah disiapkan.

Ketiga, donasi juga bisa dilakukan melalui pilihan layanan menu GO-TIX. Cara menyumbang: ppilih layanan GO-TIX pada aplikasi GO-JEK, pilih bagian "Events" dan temukan listing program binaan Rumah Zakat, pilih program binaan yang ingin Anda berikan donasi, masukkan pilihan dan jumlah donasi yang Anda inginkan, lakukan pembayaran menggunakan GO-PAY atau Kartu Kredit, proses pemberian donasi telah selesai, dan Anda akan mendapatkan konfirmasi email mengenai pemberian donasi.

Periode pengumpulan donasi ini akan dimulai dari berlangsung selama Ramadhan dari tanggal 3 sampai 30 Juni 2016. Donasi dapat diberikan melalui metode pembayaran GO-PAY atau Kartu Kredit.  Selanjutnya, distribusi pemberian hasil donasi akan dilakukan bertahap setiap minggu dan secara paralel atau bersamaan dengan proses pengumpulan donasi.

Adapun program-program penyaluran donasi  yang dilakukan Rumah Zakat di antaranya adalah program Sekolah Juara, program Rumah Bersalin Gratis, program Kado Lebaran Yatim, dan program Bingkisan Lebaran Keluarga.

Sekolah Juara merupakan program pemberian beasiswa dari Rumah Zakat. Sekolah juara terdiri dari tingkat SD, SMP dan juga SMK. Saat ini Sekolah Juara tersebar di 10 kota di Indonesia meliputi daerah Jakarta, Bandung, Cilegon, Cimahi, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Semarang dan Subang. Total donasi program nantinya akan disalurkan kepada para siswa Sekolah Juara dalam bentuk seragam, buku pelajaran, kegiatan belajar mengajar serta kegiatan kesiswaan (ekstrakurikuler).

Sedangkan, program  Rumah Bersalin Gratis merupakan program layanan kesehatan bagi ibu hamil yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan USG, dan juga layanan persalinan. Layanan akan diberikan di fasilitas klinik yang dikelola oleh Rumah Zakat, maupun di bidan praktek yang menjadi mitra Rumah Zakat. Selain layanan tersebut, kini Rumah Sakit Bersalin dilengkapi juga dengan program jaminan kualitas nutrisi bagi ibu menyusui agar meningkatkan kualitas tumbuh kembang bayi. Kini Rumah Bersalin Gratis tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Pekanbaru.

Selain itu, layanan GO-TIX akan membantu menyalurkan donasi  kepada anak-anak asuh program binaan Rumah Zakat melalui program Kado Lebaran Yatim (KLY). Kini masyarakat  punya pilihan untuk turut membahagiakan anak yatim dan kurang mampu di momen Ramadan yang istimewa ini.  Kado Lebaran Yatim (KLY) terdiri dari aneka makanan, susu, dan perlengkapan sekolah yang diberikan kepada anak-anak asuh binaan Rumah Zakat di berbagai wilayah di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Palembang, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Makassar.

Terakhir, program “Ramadhan Bersama GO-JEK” ini juga akan membantu menyalurkan donasi melalui program Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) kepada keluarga yang kurang mampu. BLK terdiri dari sarung, mukena, pakaian baru dan paket sembako. Hal ini akan menjadi bingkisan spesial yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga.  Distribusi Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) akan disebarkan ke Jakarta, Bandung, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Palembang, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Makassar. (fau/dbs). 


Back to Top