Akhirnya Sopir Ini Ditangkap Polisi Setelah Ludahi dan Pukul Kepala Jemaah Umrah

Jeddah, (gomuslim). Pendapatan industri transportasi di Arab Saudi saat ini meningkat drastis pasalnya rute dari dan menuju Masjidil Haram telah mencapai angka 3 juta penumpang pada awal Ramadhan tahun ini. Namun di sisi tingginya angka penumpang di bulan Ramadhan ini bukannya dibalas dengan sikap ramah oknum supir bus justru sebaliknya, ia malah bersikap kasar terhadap jemaah umrah.

Ulah oknum ini direkam oleh seorang jemaah dan akhirnya dipublikasikan  oleh Akhbar24 pada (14/06/2016), namun tindakannya tersebut membuat polisi di wilyah Timur Saudi bertindak tegas, supir bus tersebut diringkus aparat karena telah mencoreng program negara yang memperlakukan tamu Allah dengan ramah dan santun.

Sebelum video tersebut diunggah oleh portal media setempat, video berdurasi 30 detik ini telah mengundang reaksi publik yang menyesalkan terjadinya perbuatan yang memalukan di Bulan Suci Ramadhan ini. Seperti yang dilansir dari Akhbar 24, tidak dijelaskan secara rinci tempat terjadinya peristiwa tersebut, dalam tayangan itu terlihat seorang jemaah umrah yang hendak menaiki bus bersama rombongan jemaah lainnya, namun supir bus justru meludahinya dan memukul kepala seorang jemaah tersebut bahkan sempat terlihat sang sopir mengambil pisau dan menodongkannya kepada jemaah.

Sementara itu, tindakan supir bus Saudi ini mengundang reaksi dari Kementrian  Haji dan Umrah sebagai lembaga pemerintah yang berwenang dalam pelayanan jemaah haji dan umrah. Hingga hari ini Kementrian Haji dan Umrah telah memberikan pernyataan resmi di media seperti yang dikutip dari Shahifah Al-madinah, Rabu (15/06/2016).

Dalam peryataannya, Kementrian Haji dan Umrah telah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menangkap dan mengadili sopir tersebut. Menurut lembaga kementrian yang menangani urusan haji dan umrah ini, sopir bus telah melakukan pelanggaran disiplin dengan tidak mengindahkan aturan pemerintah yang berlaku dalam hal melakukan pelayanan baik mengantarkan jemaah umrah dari setiap sudut kota Arab Saudi sampai ke Mekkah.

Namun sangat disayangkan sampai saat ini media Timur Tengah belum membuka identitas pelaku, selain itu penyebab munculnya sikap kasar sopir tersebut juga belum diketahui sampai pengadilan menyatakannya di muka publik. Dari yang telihat di rekaman video tersebut, jemaah mengatakan bahwa sopir itu telah berkata bohong, kemudian hal ini mengundang emosi sang sopir yang  mengajak jemaah tersebut masuk ke dalam bus dan setelah mendekat di kursinya secara tiba-tiba jemaah itu dipukul dan di dorong. Sungguh hal ini adalah peristiwa memalukan bagi segenap masyarakat Muslim yang mengedepankan nilai-nilai akhlak, akhirnya sang sopir yang terekam dalam video tersebut menuai banyak kritikan dari para netizen. Kini video tersebut dapat diakses langsung di: http://akhbaar24.argaam.com/article/detail/287813. (fh) 


Back to Top