Yunalis Mat Zara’ai

Inilah Muslimah Selebritis Amerika Yang Bakal Nyanyi di Olimpiade Brazil

Jakarta, (gomuslim). Di antara sekian banyak banyak selebriti di Amerika Serikat, ada di antara mereka yang beragama Islam atau Muslim. Nama-nama seperti, Akon, Mike Tyson, Shaq O’neil, dan sederet selebriti papan atas Amerika lainnya mereka semua beragama Islam. Akan tetapi, bila melihat asal negara mereka, jarang sekali selebriti Muslim yang berasal dari Asia Tenggara. Terlebih wanita.

Dengan kultur budaya, seperti industri perfilman dan musik di Amerika yang kerap kali “menjual” eksotisme tubuh, rasanya sulit bagi muslimah untuk berkarir di Amerika. Terlebih di dua bidang tadi, yakni perfilman dan musik. rasanya sungguh mustahil. Akan tetapi, kini stigma itu mulai bergeser dan dibuang jauh-jauh oleh musisi asal Malaysia yang pada saat ini tengah menikmati masa-masa kesuksesannya ketika berkarir di AS, Yuna.

Pemilik nama lengkap Yunalis Mat Zara’ai atau akrab disapa Yuna, baru-baru ini mengeluarkan album baru yang berjudul “Chapters” yang di dalam album tersebut terdapat satu lagu yang berjudul “Crush” hasil kolaborasi dengan Usher, musisi R&B kulit hitam ternama asal Amerika.

Berkat kesuksesannya berkolaborasi dengan Usher dan tentu saja berkat bakal musikalitas serta suaranya yang khas membuatnya terpilih menjadi salah satu di antara lima penyanyi yang akan menyanyi di panggung Olimpiade di Brazil bersama musisi papan atas lainnya. Tentu pencapain ini tidaklah mudah dan bukan prestasi sembarangan. Hanya musisi yang dianggap "pantas-lah" yang dapat bernyanyi di ajang sekelas Olimpiade.

Walaupun tengah menjalani masa-masa kejayaannya, bukan berarti Yuna bisa lebih membuka diri terhadap permintaan pasar. Sebaliknya, setelah menjalani kesuksesan sebagai musisi di Amerika, Yuna tetap mempertahankan identitas aslinya sebagai muslimah dengan tetap berpakaian rapih dan syar’I seperti memakai hijab, berpakaian tertutup, dan sebagainya. Ia meyakini bahwa ia bisa sukses di Amerika tanpa harus tampil seksi seperti Lady Gaga atau Katy Perry yang tak jarang membuat kontroversia dengan busananya.

Selain fokus dengan karirnya sebagai musisi, Yuna juga membuka usaha fashion muslimah sebagai jalan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya terhadap busana muslim modern mengingat selera style-nya juga tergolong tinggi namun tetap menampilkan sebuah kesederhanaan, sebagaimana pepatah Yunani Kuno mengatakan, “kesederhanaan adalah jalan termudah untuk mencapai kecantikan”.


Back to Top