Baznas Gandeng Gojek Antar Zakat ke Rumah-Rumah Penerima

Jakarta, (gomuslim). Setelah Rumah Zakat, kini giliran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang berinovasi dengan perusahaan jasa karya anak negeri, Gojek, dalam menyalurkan zakat kepada para mustahiq yang berhak menerimanya. Sejak awal Ramadhan hingga akhir Ramadhan nanti, kewajiban membayar zakat bagi yang berhak membayarnya harus segera dilaksanakan sebelum tenggat waktu yang telah diatur dalam agama berakhir, yakni sesudah idul fitri. Meskipun anjuran untuk membayar zakat yang paling afdol adalah sebelum melaksanakan idul fitri, namun pada faktanya banyak para mustahiq yang membutuhkan zakat jauh-jauh hari sebelum idul fitri tiba. Merespon besarnya kebutuhan penyaluran zakat, baru-baru ini Baznas bersama Gojek mengeluarkan program Paket Ramadhan Bahagia yang tujuannya adalah memudahkan lembaga, instansi, atau siapapun yang ingin menyalurkan zakat.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, program penyaluran zakat yang dibagikan secara sendiri-sendiri kerap kali menimbulkan kericuhan dan tak jarang juga menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Padahal, para mustahiq seharusnya dimuliakan bukan malah dibiarkan berbutan, mengantri, dan sejenisnya dalam usaha menerima zakat yang notabene adalah haknya.

Selain menyalurkan zakat, dalam kerjasama itu, Baznas juga menawarkan bentuk donasi lainnya yang dikelola oleh Baznas, seperti infaq dan shadaqah. Khusus untuk program zakat, masyarakat dapat berpartisipasi dalam program Paket Ramadhan Bahagia ini dengan meregoh kocek sebesar Rp.200.000. Adapun untuk penerima paket tersebut nantinya akan disesuaikan dengan rekomendasi dari si pembayar zakat.

Akan tetapi, bila si pembayar zakat menyerahkan sepenuhnya penyaluran zakat kepada Baznas, maka Baznas akan memberikannya kepada para mustahiq yang masuk dalam data-data Baznas di tingkat terkecil, seperti kelurahan yang juga bekerjasama dengan RT/RW setempat maupun tingkat yang lebih tinggi seperti Provinsi, kabupaten, dan kota. Sehingga penyaluran zakat pun akan tepat sasaran dan tidak menimbulkan kecemburuan dalam hal penyaluran zakat tersebut.

Dengan desain kemasan yang menarik, Baznas berharap nantinya program ini bisa mencapai target penyaluran zakat, yakni sebesar 10 ribu pengiriman paket ke berbagai daerah di Indonesia. Kerjasama lembaga penyalur zakat antara Baznas dan Gojek pun turut melengkapi lembaga penyalur zakat sebelumnya yang terlebih dahulu telah bekerjasama dengan Gojek, yakni Rumah Zakat.

Dengan teknis yang tak jauh berbeda, diharapkan kedua lembaga penyalur zakat tersebut dapat memaksimalkan menejemen pengelolaan serta penyualuran zakat agar para mustahiq dapat tersenyum bahagia dengan hak yang akan diterimanya, bukan justru sebaliknya, berdesakan untuk mengambil haknya. (alp)

 

 baca juga: Amalan Ramadhan, Rumah Zakat dan GO-JEK Kolaborasi Salurkan Donasi Lewat Aplikasi

                Baznas Terinspirasi Kholifah Umar bin Abdul ‘Aziz Dalam Mengelola Zakat


Back to Top