Taiwan International Halal Expo

Promosi Produk Halal Indonesia Berlanjut Ke Pameran Halal Expo Taiwan

Taipei, (gomuslim). Pemerintah melalui Kementrian Perdagangan sepertinya tak main-main dalam mempromosikan produk halal di dunia internasional, khususnya untuk daerah Asia-Pasifik. Mulai tanggal 22–25 Juni 2016 nanti, Indonesia akan tampil dalam acara pameran Taiwan International Halal Expo yang akan diselenggarakan di Taipei World Trade Center (TWTC) Hall 1, Taipei, Taiwan. Turut sertanya Indonesia di ajang  pameran yang diinisiasi atas komitmen otoritas Taiwan dalam menjadikan Taiwan sebagai negara tujuan wisatawan Muslim yang paling ramah ini tak lain dan tak bukan berkat Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei yang telah berusaha menyertakan Indonesia dalam acara tesebut.

Dengan populasi penduduk Muslim yang konsentrasinya berpusat pada Asia-Pasifik, Taiwan diharapkan dapat menjadi hubungan yang penting dalam mengembangkan dan mempromosikan produk halal Indonesia dikancah Internasional, khususnya Asia-Pasifik. “Sudah saatnya produk halal Indonesia bersaing memasuki pasar potensial, terutama di wilayah Asia Pasifik”, tegas Plt. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Tjahya Widayanti beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Tjahya Widayanti berharap semoga pameran ini nantinya dapat meningkatkan citra produk halal Indonesia di kancah internasional yang juga dapat dibarengi dengan peningkatan ekspor produk halal Indonesia di kancah internasional, khususnya di Taiwan. Pemerintah akan terus berkomitmen memperluas pasar produk halal yang kompetitif di dunia. Data dari Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa Pada 2015, neraca perdagangan nonmigas Indonesia ke Taiwan tahun 2015 mengalami surplus sebesar 514,5 juta dollar AS sehingga mengantarkan Indonesia ke urutan ke-15 negara pemasok produk makanan olahan ke pasar Taiwan setelah Italia, Singapura, Jerman, Australia, dan Vietnam.

Sejauh ini, terhitung dalam beberapa tahun terakhir sejak permintaan produk halal semakin meningkat, Tingkok dan Thailand adalah negara eksportir terbesar yang menguasai pasar Asia-Pasifik maupun Asia Barat serta Asia Tenggara. Padahal kedua negara tersebut bukanlah negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Untuk tingkat Asia Tenggara, Thailand dan Tiongkok mendapatkan perlawanan yang sengit dari Malaysia yang juga berkomitmen untuk meningkatan ekspor produk-produk halal. Adapun Indonesia masih harus bergelut dengan regulasi dan hal-hal pendukung lainnya dalam meningkatkan eskpor produk halal.

Pameran Taiwan International Halal Expo merupakan salah satu pameran bertaraf internasional yang diselnggarakan di setiap tahunnya bersama dengan paemran lainnya, seperti Food Taipei, FoodTech & Pharmatech Taipei, Taipei Pack, dan Taiwan HORECA. Dalam pameran tersebut, variasi produk yang ditawarkan adalah produk-produk yang sudah memiliki sertifikat halal mulai dari produk makanan, minuman kesehatan, bioteknologi, farmasi, dan kosmetik. (alp/dbs)

 

Baca juga: Promosi Kuliner Halal Asal Indoneisa di Negeri Ratu Elizabeth

               Kejar Ketertinggalan, Pemerintah Pacu Terbentuknya Kawasan Industri Halal


Back to Top