Inilah Kudapan Populer Buka Puasa di Timur Tengah

Tidak hanya di Indonesia yang kaya ragam kuliner Nusantara. Di manca negara, ada berbagai ragam kuliner atau kudapan untuk santap buka puasa. Masing-masing negara memiliki kuliner halal yang khas dan biasanya paling dicari wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Apa saja makanan khas untuk berbuka puasa itu, berikut selengkapnya.


Turki
Negeri yang dipimpin Presiden Erdogan ini memiliki pesona luar biasa. Jenis kekhasan Eropa dan Timut Tengah berpadu di Turki. Sebagai salah satu negara yang memiliki mayoritas umat Muslim, bulan Ramadhan tentu menjadi momen khusus bagi warga Turki. Di kota-kota besar seperti Istanbul, hampir semua restoran dan rumah makan memberikan penawaran khusus selama bulan Ramadhan. Makanan paling terkenal selama Ramadhan antara lain  set menu 'sup iftariye', roti pide (roti panggang yang memang hanya dijual selama Ramadan), pastirma, sujuk serta ragam kue yang disebut börek. Selain itu, Turki juga punya menu pencuci mulut populer yang disebut güllaç (bukan kolak) yang terbuat dari air mawar.

Lebanon



                                                                                         fried cauli with pine nuts, capers and chilli

Hidangan satu ini sangat umum di Mesir dan negara-negara yang terletak di Syam atau Mediterania timur seperti Cyprus, Yordania, Lebanon, Suriah, Palestina dan Turki. Qatayef merupakan hidangan manis yang wajib disantap di bulan Ramadhan. Lebanon juga punya banyak menu khas berbuka puasa. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah 'salad mezze' yang menggunakan kacang kering, houmous (saus untuk dimakan bersama menu lainnya) serta berbagai macam daging panggang. Ada juga menu populer lain seperti falafel, yang menyerupai kroket. 

Meskipun makanan ini diyakini berasal dari Mesir, tapi kini sudah terkenal di berbagai negara Timur Tengah dan menjadi menu yang sangat digemari masyarakat Lebanon, sehingga lebih terkenal daripada di Mesir sendiri.

Yordania



                                                                                                                          Qatayef

Masyarakat Yordania punya menu khas berbuka puasa seperti mansaf dan qatayef. Dua menu favorit yang selalu ada di setiap jamuan berbuka puasa.

Mansaf adalah hidangan khas Yordania berupa daging domba dibumbui rempah-rempah. Sedangka qatayef adalah makanan yang menyerupai pancake dengan kayu manis diisi kenari dan gula. Untuk melengkapi kelezatan qatayef, biasanya warga Yordania akan menambahkan sirup madu.

Mesir



                                                                                                                         Medames

Di negeri seribu menara ini, hampir semua umat Muslim di Mesir terbiasa berbuka puasa dengan medames, yaitu hidangan berupa kacang tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay serta jus lemon. Biasanya, hidangan lengkap medames juga menyertakan telur rebus. Hidangan lain yang juga ‘wajib’ ada di Mesir adalah molokheya, yang terdiri dari ayam dan nasi.


Irak

Hidangan penutup mulut tradisional asal Irak ini sering dijuluki sebagai menu dari surga karena kelezatannya yang tiada dua. Terdiri dari kurma dan adonan yang dicampur cokelat, madgooga memiliki bentuk bundar layaknya bola.

 

Madgooga [ Image Source ]

Walaupun makanan khas dari Timur Tengah, bukan berarti di Indonesia tidak karena kini tidak sedikit yang menjual makanan-makanan khas Timur Tengah. Orang-orang Indonesia pun bisa sangat mahir dalam memasak masakan khas Timur Tengah ini.

 


Back to Top