Emoji dan Akun Twitter Ini Semarakkan Kampanye #KebersamaanRamadhan

Jakarta, (gomuslim). Bulan Ramadhan sudah masuk ke pekan kedua. Meski begitu, banyak kegiatan masih terus berlangsung dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah di bulan penuh berkah ini. Salah satu bentuk suka cita dalam menjalani ibadah puasa ini juga dilakukan sebuah platform sosial media ini.

Menurut data blog.twitter, bulan Ramadhan di Indonesia  tidak hanya menjadi momen suci untuk mendekatkan diri kepada Allah, tapi juga ajang berekspresi dan berinteraksi. Indonesia merupakan salah satu kontributor terbesar percakapan seputar Ramadhan di dunia. Pada tahun 2015, Tweet tentang Ramadhan dilihat sebanyak 8,4 milyar kali di Twitter dan platform atau media lainnya, dengan puncak momentum pada saat sahur dan buka puasa setiap harinya. Tiga topik teratas yang menjadi bahan perbincangan adalah makanan, kegiatan bepergian dan belanja.

Tahun ini, Twitter sebagai platform berbasis real time, Twitter memanfaatkan momen Ramadhan untuk menghadirkan akun yang bisa dimanfaatkan penggunanya dalam mengepresikan atau mengungkapkan hal-hal yang dilakukan selama Ramadhan. Akun @ramadhan merupakan akun khusus yang dihadirkan pertama kali oleh Twitter di moment Ramadhan.

Country Business Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong mengatakan  bahwa Twitter masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk mengabadikan berbagai momen di awal bulan Ramadhan. Mulai dari buka puasa, santap sahur hingga ngabuburit dan berbagai informasi mengenai segala kegiatan dalam menjalankannya puasa.

“Akun @ramadhan kami hadirkan pertama kalinya pada 6 Juni sebelum puasa, dan responnya sangat baik ini terlihat dari aktivitas twitt dan direct message perharinya,” kata  Roy, seperti dilansir dari SelularID.

Roy menyebutkan perharinya tweet yang masuk ke @ramadhan mencapai 530 ribu lebih, sementara untuk direc massage mencapai 3500 perhari. Kata Roy, ini adalah pencapaian yang cukup baik, dan tidak menutup kemungkinan akun ini akan dimanfaatkan untuk moment Ramadhan setiap tahunnya.

Pada kesempatan yang sama, Roy mengumumkan kolaborasinya dengan akun @pulkam yang lebih dulu hadir, yakni dengan mengadakan kompetisi foto, video, dan cerpen selama periode pulang kampung nanti. Dengan tema ceritakan ceritamu Twitter dan @pulkam mengajak pengguna Indonesia untuk berbagi cerita dan pengalaman seru selama berada di kampung halaman mereka. Kompetisi ini akan berlangsung dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri.

“@pulkam digagas sejak 2009, akun ini menjadi saksi berbagai cerita pengalaman pulang kampung di berbagai kota di seluruh Indonesia, dan dengan adanya kompetisi ini Twitter ini membawa mudik lebih mengasikan lagi,” tambah  Roy.

Sebelumnya, pada awal Ramadhan (7/06/2016), Twitter juga merilis emoji khusus Ramadhan untuk meramaikan percakapan seputar bulan suci.  Emoji berbentuk bulan dan masjid akan muncul bila pengguna mengetik salah satu dari tagar #KebersamaanRamadhan, #ramadhan, #bulanpuasa, #puasa, #sahur, atau #bukapuasa.

Selain itu, ikon hati di Periscope juga berubah menjadi ikon bulan dan hati. Ini adalah pertama kalinya Twitter merilis ikon khusus Periscope untuk menyambut Ramadhan. Pengguna cukup menggunakan salah satu tagar tersebut dalam judul siaran. Twitter dalam keterangan tertulisnya mengemukakan keduanya akan aktif mulai hari ini hingga 7 Juli 2016.

Pengguna akan mendapatkan konten eksklusif harian seputar Ramadhan, mulai dari resep berbuka puasa, pengingat waktu beribadah, hingga kutipan-kutipan penyegar rohani sepanjang bulan puasa. Seperti dilansir dari Antaranews, beberapa partner yang berpartisipasi dalam kolaborasi ini adalah AA Gymnastiar (@aagym), Teguh (@marioteguh), Bondan Winarno (@PakBondan), Kokiku TV (@KokikuTv), Masak TV (@MasakTV), serta komunitas Aku Cinta Makanan Indonesia (@acmiID).  Untuk mendapatkan konten eksklusif dari @ramadhan, pengguna cukup menggunakan tagar dalam Tweet mereka yakni #JadwalShalat untuk memperoleh informasi jadwal salat sesuai dengan kota masing-masing, #Inspirasi, untuk mendapatkan kutipan inspirasional, dan #Kuliner, untuk mendapatkan resep dan tips masakan selama bulan puasa. 


Back to Top