Halal Food

Harga Daging Sapi Makin Tinggi, Momentum Konsumsi Produk Halal Berbahan Dasar Ikan

Jakarta, (gomuslim). Hingga pertengahan bulan Ramadhan ini hingga menjelang lebaran nanti, fenomena harga daging sapi melonjak naik hingga jauh di atas normal sudah menjadi berkali-kali terjadi. Menanggapi hal itu, pemerintah mengambil langkah untuk impor daging sapi beku dari Australia. Namun, rupanya hal itu tetap saja tidak berhasil menurunkan harga daging sapi di pasaran.

Pemerintah melalui Menteri Pertanian (Mentan) mengajak masyarakat untuk mengubah pola konsumsi protein dengan tidak berfokus kepada daging sapi. Komoditas lainnya seperti ikan, daging ayam, kambing, hingga telur ayam pun sangat dianjurkan dan diklaim lebih baik dari sisi kandungan proteinnya dibanding daging sapi. Khusus untuk ikan, dewasa ini banyak sekali produk-produk halal olahan ikan siap goreng atau yang baisa kita kenal dengan nugget seafood.

Nugget seafood, selain mendapat jaminan halal dari MUI sebagai produk halal olahan ikan siap goreng, ikan juga dijamin halal karena apapun yang berasal dari laut bahkan bangkainya saja masih dihalalkan dalam Islam. Dengan melonjaknya harga daging sapi, mengkonsumsi ikan bisa dijadikan momentum untuk mengkonsumsi produk halal berbahan dasar ikan dan menjadi salah satu alternatif juga untuk memenuhi kebutuhan protein hewani tubuh anda. Baik mengkonsumsi ikan secara konvensional maupun dengan cara modern seperti olahan nugget seafood halal siap goreng tersebut.

Secara umum, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara ASEAN dan Tiongkok. Meskipun pada dalam 5 tahun terakhir, yakni pada tahun 2011-2015 lalu konsumsi ikan Indonesia meningkat hingga mencapai angka 36,12 kg/kap/tahun dari sebelumnya di angka 29.85 kg/kap/tahun. Padahal, Indonesia adalah salah satu produsen ikan terbesar di dunia. Saking berlimpahnya potensi perikanan Indonesia kerap dicuri oleh nelayan-nelayan dari negara tetangga. Bahkan untuk beberapa jenis ikan yang ada di Indonesia, nilai ekspornya bisa sangat tinggi dan menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor ikan nomor wahid di dunia, salah satunya ialah jenis ikan tuna.

Ikan tuna selain diminati untuk menjadi olahan rollade tuna, sosis tuna, hingga otak-otak tuna, ikan tuna pada umumnya juga diminati untuk dijadikan bahan dasar membuat nugget seafood. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan olahan nugget seafood siap goring, seperti Champ, So Good, Fiesta, dan produk-produk lainnya. (alp)


Back to Top