Setelah Sempat Alami Kemacetan, Hari Ini Putaran Tawaf Kembali Lancar

Makkah, (gomuslim). Sejak petugas keamanan dikerahkan untuk menjaga ring tawaf, putaran tawaf yang dilakukan jemaah kembali lancar. Namun petugas harus jeli mengawasi jemaah yang masuk ke Masjidil Haram agar tidak ada satu pun jemaah yang shalat di area tawaf. Kini jemaah yang melakukan tawaf kembali lancar melakukan putaran mengelilingi Kakbah.

Komandan Keamanan Masjidil Haram Al-Liwa’ Muhammad Ahmadi menjelaskan bahwa pihak keamanan yang merupakan anggotanya dibebankan tugas untuk menertibkan jemaah umrah yang shalat di ring tawaf, semua ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan perintah langsung dari Gubernur Mekkah Khalid Faishal. Dengan demikian, maka hari ini, Rabu, (22/06/2016) suasana di Masjidil Haram khususnya di area tawaf terlihat aparat yang mengawasi jemaah.

Pada dasarnya tindakan seperti ini tidak perlu terjadi jika para jemaah sadar betul akan fungsi tempat tawaf yang seyogyanya tidak dipakai sebagai tempat shalat karena dapat menghambat pergerakkan jemaah lainnya. Jumlah jemaah yang hampir 1 juta orang tentunya memadati ruang Masjidil Haram yang hanya berkapasitas 900 ribu orang maka tidak heran jika terjadi kemacetan putaran tawaf jika dalam 1 detik saja ada orang yang berhenti atau terhenti dalam gerakannya.

Beberapa hari terakhir, jemaah umrah sempat memadati Masjidil Haram Mekkah. Mereka umat Muslim yang datang datang dari Negara Arab Saudi dan juga negara lainnya dari seluruh dunia. Kepadatan jemaah ini berdampak pada berhentinya putaran tawaf, hal ini disinyalir akibat banyaknya jemaah yang menggunakan area tawaf sebagai tempat shalat sehingga Amir Mekkah pun turut memberikan peringatan.

Namun setelah perintah dari Amir Kota Mekkah dilaksanakan kini gerakan tawaf semakin lancar. Bahkan upaya pembersihan masjid yang dilakukan 15 menit menjelang waktu shalat dapat berjalan dengan baik karena tidak terhambat oleh jemaah yang shalat di area thawaf.

Terkait pelarangan shalat di area tawaf Al-Liwa’ sempat memberikan komentarnya, “Saya ucapkan terima kasih kepada jemaah yang mau bekerjasama untuk tidak shalat di area tawaf sehingga pergerakkan jemaah semakin lancar. Kemudian saya juga berterimakasih kepada Amir Mekkah atas perhatiannya terhadap jemaah umrah di Masjidil Haram,” ujarnya.

Jika semua kegiatan ibadah umrah di Masjidil Haram berjalan dengan lancar, maka manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh jemaah. Seperti yang dilansir dari Makkah Region, kini Masjidil Haram makin terlihat luas dan daya tampungnya makin banyak setelah selesainya renovasi tahap 3 baru-baru ini. (fh)  

Baca juga: Sejuta Lebih Jemaah Umrah Masuk Mekkah, Area Tawaf Sering Berhenti Total


Back to Top