Baznas Luncurkan Sembilan Program Zakat Khusus Ramadhan

Jakarta, (gomuslim). Selama bulan Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan dana zakat yang terbagi dalam sembilan program. Sembilan program ini diberi tajuk “Kebangkitan Zakat.” Hal tersebut sebagai alasan karena kondisi Indonesia sedang melemah. Melalui program zakat Baznas ini, diharapkan bisa menjadi solusi mengentaskan kemiskinan.

Baznas juga mendorong pembayaran zakat melalui transfer ATM, phone banking, atau penjemputan zakat apabila muzaqi tidak berkesempatan membayar zakat secara langsung. Layanan tersebut juga disertai dengan konsultasi dan penghitungan zakat yang akan dilakukan oleh petugas Baznas.

Ketua Bazna Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA, CA mengatakan program-program zakat jika dikelola dengan baik, mampu menjadi solusi masalah kemiskinan dimana saat ini perekonomian Indonesia melambat dan angka kesenjangan nasional meningkat. “Strategi yang digunakan dengan dana zakat untuk memakmurkan masyarakat dapat dilakukan dengan cara berjihad ekonomi yaitu memberantas ketidakadilan ekonomi dengan mengawal ketat pelaksanaan pasal 33 dan 34 UUD 1945 sebagai jihad konstitusi umat,” kata Bambang dalam siaran pers Baznas.

Adapun Sembilan program zakat Baznas selama bulan Raamdhan 2016 ini adalah:

Pertama, program Baznas Peduli Migran yang berlangung di Victoria Park Hongkong, 17-19 Juni 2016.  Baznas akan melakukan berbagai kegiatan advokasi seperti penyebaran panduan Ramadhan bagi Buruh Migran Indonesia (BMI), tausiyah di Victoria Park, Pelatihan keterampilan psikologi dasar dan buka puasa bersama BMI.

Kedua, program Pasukan Umar bin Khattab yang berlangsung di Jabodetabek mulai tanggal  6 Juni sampai 5 Juli 2016. Program ini  untuk menolong mustahik yang berada di sudut dan gang di kota Jakarta dan sekitarnya. Setiap hari Pasukan Umar bin Khattab akan berkeliling mensurvey dan menyalurkan bantuan langsung bagi mustahik yang membutuhkan seperti makanan dan pengobatan. Besarnya bantuan tergantung kebutuhan mustahik yang mendesak.

Ketiga, program Pesantren Entrepreneur yang berlangsung di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)  Pasar Rebo pada tanggal 21 sampai 24 Juni 2016. Ini adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan entrepreneurship bagi mustahik yang memiliki tekad menjadi pengusaha muda muslim. Kegiatan ini melibatkan para praktisi professional yang kompeten di bidangnya khususnya dunia wirausaha. Mencetak calon Entrepreneur Muda muslim yang tangguh, profesional dan berakhlak mulia.

Keempat, program ReUsed Market yang berlangsung di Pasar Loak Kebayoran Lama mulai tanggal 24 Juni sampai 5 Juli 2016. Program ini untuk menolong para penjual barang bekas meningkatkan taraf kehidupan mereka yang berpenghasilan dari pengumpul sampah dan barang bekas.

Kelima, program Gerakan Devisa Mudik yang berlangsung di Pulau Jawa mulai tanggal 25 Juni sampai 5 Juli 2016. Ini adalah gerakan campaign ini akan berlangsung selama 25 Juni-5 Juli 2016, selanjutnya akan dilakukan pelatihan di  10 desa di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Untuk memanfaatkan perputaran uang di masa mudik Lebaran yang dikeluarkan oleh para pemudik yang bersifat konsumtif menjadi lebih produktif di kampung halaman pemudik.

Keenam, program  Teras Sehat yang ada di Jabodetabek mulai tanggal 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Ini adalah program kesehatan yang bersifat preventif, berupa informasi tentang kegunaan puasa untuk kesehatan, memberikan informasi tentang kegunaan puasa untuk ibu hamil dan menyusui, dan memberikan informasi tentang kegunaan puasa untuk mendidik anak berpuasa, serta memberikan informasi tentang kegunaan puasa untuk yang menderita penyakit.

Ketujuh, program  Hidangan Berkah Ramadhan yang berlangsung di Jabodetabek sejak tanggal 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Program ini adalah bentuk penyediaan konsumsi untuk berbuka puasa dan sahur bagi para mustahik di lingkungan penduduk miskin, salah satunya di Masjid Terminal Depok yang menjadi hunian anak-anak jalanan. Pada Ramadhan tahun ini, Baznas ingin memberikan layanan yang berkesan di hati para mustahik saat mereka berbuka puasa dan sahur.

 Kedelapan, program Paket Ramadhan Bahagia di Seluruh Indonesia sejak 6 Juni sampai 6 Juli 2016. Baznas  menyalurkan Paket Ramadhan Bahagia kepada para mustahik di beberapa kota se-Indonesia, Paket Ramadhan Bahagia mempunyai target sebanyak 10.000 paket yang akan dibagikan di wilayah Jabodetabek, Semarang, Pekan Baru dan Makassar. Program ini memuliakan penerima karena diantar langsung ke rumah, tanpa meminta mereka antre panjang. Pengiriman tersebut disalurkan melalui Go-Jek. Pengiriman melalui ojek daring tersebut bertujuan untuk memuliakan para penerima zakat agar tidak perlu mengantre untuk menerima hak mereka.

Kesembilan, program Konter Pembayaran Zakat yang ada di Jabodetabek sejak 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Baznas  melayani pembayaran zakat di 12 mall dan 17 perkantoran di kawasan Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Selain pembayaran, gerai tersebut juga melayani konsultasi dan hitung zakat oleh para petugas. Mall tersebut antara lain Plaza Senayan, Summarecon Mall Bekasi, Plaza Semanggi, Pondok Indah Mall, dan The Breeze BSD City.  dan untuk di kantor antara lain Kementerian Keuangan  R.I, Kementerian Pariwisata, Kemendikbud RI, Aneka Tambang. Program ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat mereka secara langsung.

 

 Tentang Baznas

Baznas adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 509 daerah (tingkat  Provinsi dan Kabupaten/ Kota). Jika masyarakat ingin mengjadi muzakki Baznas atau ingin informasi terkait update penyaluran zakat oleh Baznas bisa melalui kontak di bawah ini:

Kantor Pusat Baznas

Jl. Kebon Sirih Raya No.57

Jakarta Pusat 10340

Telp. 021 – 3904555

Fax. 021 – 3913777

Email : baznas@baznas.or.id

Email Konfirmasi: layananmuzaki@baznas.or.id

Website: http://pusat.baznas.go.id/


Back to Top