Inovasi Kemudahaan Haji Berlanjut ke Aplikasi Haji Pintar Jilid II

Jakarta, (gomuslim). Menjelang masuknya musim haji, Menteri Agama beserta jajarannya terus melakukan koordinasi dan konsolidasi guna mewujudkan terselenggaranya ibadah haji yang khusyuk dan aman hingga mengantarkan kepada haji yang mabrur dan tentu saja lebih baik dari penyelenggaran haji di tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari survey kesiapan lokasi pemondokan jemaah haji Indonesia, manejemen konflik yang dalam hal ini seperti masalah prioritas, regulasi, akuntabilitasi, alternatif solusi ketika terjadinya hal-hal diluar perencanaan, hingga kesigapan dalam menyelesaikan masalah. Semuanya dipersiapkan dengan sematang mungkin.

Selain berinovasi terkait manejemen haji sebagaimana yang telah disebutkan di atas, mulai dari regulasi hingga koordinasi dengan pihak-pihak terkait, Kementrian Agama (Kemenag) juga berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi kekinian. Setelah sebelumnya Kemenag merilis gelang berbasis Global Positioning System (GPS) yang kegunaannya untuk mendeteksi atau mengetahui lokasi keberadaan jemaah dan kondisi kesehatannya, kemudian aplikasi haji pintar generasi pertama yang berbasis smartphone, kini Kemenag juga telah merilis aplikasi haji pintar generasi kedua yang cakupan manfaatnya jauh lebih luas dan terstruktur. Bila pada aplikasi haji pintar generasi pertama hanya menyediakan fitur layanan pengaduan haji, tips kesehatan, info pemondokan, agen travel, hingga menu makanan, aplikasi haji pintar generasi kedua nantinya akan memberikan kemudahan-kemudahan yang lebih, seperti jadwal penerbangan, layanan transportasi darat, rute jamaah haji, akomodasi Mekkah dan Madinah, katering Mekkah dan Madinah serta di Arafah Mina, informasi kesehatan, sms center, manasik, posisi jemaah dan petugas, serta informasi penting lainnya.

Aplikasi Haji Pintar generasi kedua sendiri merupakan pengembangan dari aplikasi haji pintar sebelumnya dengan berbagai fitur-fitur baru yang dapat dimaksimalkan para jemaah haji ketika di tanah suci Mekkah nanti. Adapun fitur baru itu adalah, pertama, terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online dan real time. Untuk mengetahui data jamaah haji melalui aplikasi ini, maka diperlukan log in dengan input data jemaah serta nomor porsi. Kedua, dapat mengecek keberangkatan berdasarkan porsi. Dengan hanya memasukkan nomor porsi, jemaah dapat mengetahui waktu keberangkatan berdasarkan nomor porsi, bilamana ada perubahan waktu keberangkatan, maka perubahan ini dapat diketahui secara online dan real time, dikarenakan aplikasi haji pintar generasi kedua ini terintegrasi dengan Siskohat. Ketiga, preview akomodasi. Dalam aplikasi haji pintar ini, dapat diketahui wilayah, foto hotel, nomor hotel kamar serta fasilitas hotel lainnya. Dan yang keempat adalah tracking, yang cara kerjanya adalah memberikan informasi kepada keluarga yang ada di Tanah Air untuk dapat mengetahui posisi keluarganya  yang sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi atau sedang bertugas melayani jamaah haji di Arab Saudi, yang terhubung juga dengan pantuan petugas melalui website.

Sejak dirilis pada 20 Agustus 2015 lalu, aplikasi haji pintar memang mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Tak lupa, aplikasi ini mendapatkan nilai 4 atas aplikasi ini dari nilai maksimal 5 poin yang diberikan oleh Google dan telah diinstal oleh hingga 50.000 pengguna. Semoga apliaksi ini dan kinerja keras pada penyelenggaran haji tahun ini dapat membuahkan hasil yang maksimal hingga berdampak langsung kepada jemaah haji asal Indonesia. (Alp/Dbs)


Komentar

  • GoHajj

    19 Juni 2017

    Aplikasi Tambahan

    Untuk melengkapi aplikasi ini, silakan download aplikasi GoHajj di PlayStore Google ( https://play.google.com/store/apps/details?id=salam.gohajj.id ) , dengan fitur : - Panduan doa dengan suara dari rukun umroh dan haji. Doa dari sebelum berangkat, saat menunaikan umroh atau haji, sampai kembali ke rumah. Terinspirasi dari aplikasi kemenag. - Berbagai artikel singkat berupa panduan, tip&trick, larangan, serta berita singkat. - Navigasi yang memudahkan anda kembali ke hotel, tempat menarik/bersejarah, belanja, mencatat nomor pintu masjid, serta lokasi bis kloter. - SOS kirim pesan bila jemaah tersesat atau terpisah dari rombongan. - Titipan Doa dari umat muslim yang bisa jemaah doakan saat di tanah suci. - Mengecek persetujuan visa umroh/haji. - Memberikan rating ke agen travel, pembimbing, dan pimpinan tur. - Penghitung putaran thawaf dan penghitung perjalanan Sai, lengkap dengan doa-doa dan suara. - Kamus Bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari - Jam serta Cuaca di Tanah Suci dan Tanah Air. Bagi keluarga yang berniat menitipkan doa, silakan kunjungi : www.gohajj.id


    Reply






















Tulis Komentar


Back to Top