Pemerintah Saudi Sambut 100 Tokoh Islam dari 22 Negara

Jeddah, (gomuslim). Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz belum lama ini telah membuat suatu program undangan kepada 100 tokoh Islam untuk melakukan ibadah umrah di Tanah Suci. Mereka adalah para mufti (pemberi fatwa) dan ketua ormas Islam dari 22 negara, namun tidak disebutkan secara rinci asal para tokoh tersebut.

Secara global 100 tokoh Islam yang datang ke Tanah Suci berasal dari India, Asia Tenggara, Balkan dan Asia Tengah. Kehadiran mereka di Bandara King Abdul Aziz disambut dengan hormat oleh otoritas terkait dua hari lalu, mereka dikategorikan sebagai tamu kehormatan Pengabdi Haramaian Salman bin Abdul Aziz. Program ini disusun sebagai bentuk upaya penghormatan kepada para tokoh Islam dalam perjuangan mereka di negaranya masing-masing.

Ada pun menurut Raja Salman, upaya ini dilakukan untuk menyatukan umat Muslim atas dasar kalimat yang satu (tauhid). Selain itu program ini merupakan bentuk penaman rasa cinta terhadap Haramain demi meningkatkan rasa syukur terhadap Allah SWT. Sebelumnya Raja Salman telah mendatangi Masjid Nabawi dan sempat melakukan shalat di sana pada Kamis, (23/06/2016), kemudian beliau juga mendatangi sebuah masjid di Jeddah.

lkkhlhl

Setelah mengunjungi Jeddah, Pengabdi Haramain telah mendatangi Masjidil Haram dalam rangka menyambut 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dari perjalanannya ke beberapa masjid, mendorong Raja Salman untuk memberikan undangan umrah kepada 100 tokoh Islam yang dijadikan sebagai tamu kehormatan kerajaan. Dalam program yang sedang berjalan ini, pihak Kerajaan Arab Saudi telah memberikan fasilitas serta sarana penunjang terhadap para tokoh Islam tersebut.

Program ini mendapat apresisasi dari 100 tokoh yang menerima undangan tersebut, mereka mengucapkan terima kasih kepada pihak kerajaan atas program yang telah dicanangkan ini. Sejatinya program ini adalah untuk mempersatukan umat dan bukan sebagai ajang kebanggaan dari pihak tertentu. Menurut penjelasan pihak Kerajaan Saudi, program yang dibuat dan diusung langsung oleh Raja Salman ini merupakan apresiasi terhadap 100 tokoh tersebut atas pengabdian mereka terhadap dunia Islam.

Sebagai bentuk penghormatan Pemerintah Arab Saudi terhadap tokoh-tokoh Islam ini, maka fasilitas maupun sarana penunjang selama melaksanakan umrah telah disiapkan baik ketika mereka sedang berada di Mekkah maupun di Madinah. (fh/albilad)


Back to Top