Situasi Dalam Masjidil Haram Dapat Diketahui dari Luar Masjid Melalui 75 Layar

Mekkah, (gomuslim). Ramainya jemaah yang datang mengunjungi Masjidil Haram tentunya membutuhkan suatu penjelasan informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diraih selain bertanya kepada petugas yang berwenang. Maka dari itu Dewan Pengurus Masjid Haramain menyebarkan layar informasi yang dilekatkan di tempat-tempat strategis. Layar itu berisi seputar pemberitahuan kepada jemaah mengenai aturan yang berlaku maupun petunjuk mengenai crowded area (tempat yang sering dipadati oleh jemaah) serta kondisi di dalam Masjidil Haram.

Layar datar yang dilekatkan di dinding atau tempat tertentu telah terprogram secara komputerisasi sehingga isi informasi dapat dikendalikan secara sistematis dan cepat. Media informasi ini dinilai dapat membantu para jemaah sekaligus meminimalisasi tugas asykar dalam memberikan informasi, karena jumlah mereka tidak sepadan dengan banyaknya jemaah yang datang. Sehingga dengan adanya papan ini setidaknya ada beberapa jemaah memiliki kesadaran untuk mematuhi aturan yang disampaikan via media ini, selain itu mereka pun terbantu dengan adanya informasi yang mudah diakses.

 

 

Menurut Direktur Umum Pengerjaan dan Pemeliharaan Masjidil Haram Ir. Faris bin Mufawwaz Ash Sha’idiy, layar elektronik ini ditempatkan di dalam dan di luar Masjidil Haram, “Sarana ini ditempatkan di radius 279 meter persegi yang tersebar di dalam maupun di halaman Masjidil Haram dan juga di jalan yang menuju ke arah Masjdil Haram,” pungkas Ash Sha’idiy.

Ash Sha’idiy pun memberikan penjelasan bahwa tipe dan format isi layar elektronik ini berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi tempat peletakannya sehingga informasi yang disampaikan pun menjadi tepat sasaran. Semua informasi yang ditampilkan hanya menyampaikan seputar Masjidil Haram selama 24 jam penuh, sampai saat ini telah tersedia 18 informasi penting yang ditampilkan pada layar-layar tersebut, termasuk informasi tentang perkembangan perluasan Masjidil Haram di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Untuk dapat menyampaikan beragam informasi yang ditampilkan pada layar, maka pengurus masjid khususnya Bidang Pengerjaan dan Perawatan melakukan upaya kerjasama terhadap instansi terkait karena informasi yang akan disampaikan meliputi banyak hal, tentunya semua ini melibatkan para ahli dalam bidangnya masing-masing seperti cuaca, kemacetan, kesehatan dan lain sebagainya.

Ash Sha’idiy pun menjelaskan bahwa pengurus merasa informasi yang diberikan kepada jemaah sebelum memasuki masjid sangat penting karena hal ini adalah bentuk pengingatan kepada mereka demi terciptanya suasanya yang kondusif di dalam Masjidil Haram.

Informasi yang disampaikan di pintu masuk Masjidil Haram berisi tentang informasi yang bersifat arahan tentang bagaimana menyikapi kerumunan orang dan mengambil alternatif jalan atau pintu masuk lainnya agar penumpukkan jemaah pada satu titik dapat dengan mudah diurai. Itulah sebabnya dengan adanya layar informasi ini, diharapkan pengaturan jemaah jauh lebih efektif dan efisien sehingga berpengaruh kepada kenyamanan ibadah jemaah. (fh/gph)


Back to Top