Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, Motivasi Muslimah 'Pede' Berhijab Keliling Dunia

Jakarta, (gomuslim). Satu lagi film religi karya anak Bangsa dari Rapi Films akan tayang pada Idul Fitri 2016 ini. Film bertajuk  Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea ini diangkat dari Novel dengan judul yang sama karya penulis muslimah Asma Nadia. Pada Senin (27/06/2016), Jilbab Traveler yang melakukan syuting di negeri Gingseng Korea Selatan ini menggelar gala premier dan press screening di CGV Blitz Galeri Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam acara Gala Premier tersebut, rekan pers dan para tamu undangan hadir untuk menonton film Jilbab Traveler bersama Sutradara, Produser, para pemain aktor dan aktris Indonesia, serta aktor dan aktris Korea Selatan yang terlibat dalam film berdurasi 110 menit ini. Jilbab Traveler adalah  salah satu film karya Sutradara Guntur Soeharjanto yang bergenre Drama dengan sentuhan Religi dan skenarionya ditulis oleh Alim Sudio.

Film ini di produksi dalam waktu 23 hari dengan persiapan 3 bulan. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea mengambil lokasi shooting di Seoul, Gangwon, Baluran, Kawah Ijen dan Jakarta. Proses shooting ini sempat mengalami kesulitan pada saat di Seoul, karena cuaca di sana ekstrim salju minus 3 derajat celcius.

Pemilihan pemain utama salah satu proses yang cukup panjang dalam produksi film ini. Kebutuhan akan aktor yang mampu memainkan perannya dengan baik dalam visi sutradara serta memiliki nilai jual yang dapat menarik minat penonton bukanlah hal yang mudah. Setelah sekian waktu tak jauh dari hari syuting, maka ditetapkan sejumlah pemain yang dapat menjiwai karakter-karakter yang ada dalam film ini. Mereka adalah Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha, Ringgo Agus Rahman, Tasya Medina, Dewi Yull, Indra Bekti, Ferry Ardiansyah, Wawan Wanisar, dan juga dibintangi oleh aktor-aktris asal Korea Selatan,  yaitu Lim Kyung Ae dan Won-joo Lee.

Film ini bercerita tentang kisah seorang perempuan muslimah dengan hijabnya yaitu Rania Samudra yang diperankan Bunga Citra Lestari, 24 tahun, seorang penulis yang gemar traveling, dijuluki Jilbab Traveler oleh para pembacanya. Ketika Ayahnya sakit, Rania memutuskan pulang. Namun Sang Ayah malah memberikan misi pada Rania mengunjungi Baluran, alam yang luar biasa indah di timur pulau Jawa, tempat di mana Ayah dan Ibunya dulu menemukan cinta.

Bunga Citra Lestari mengatakan dirinya puas dengan ahsil akhir film ini dan ia merasa bangga bisa memerankan tokoh Rania dengan baik.

“Menjadi seorang Rania membuat saya harus ekstra berupaya, agar tokoh ini tidak sama dengan karakter pribadi saya. Karena itu, ini pengalaman yang indah sekali, ketika saya menjadi Rania dan merasasakn apa yang dia rasakan sebagai perempuan muslimah dengan segala rasa, masalah, dan perjalanan hidup yang mesti mengharus-bitu, tapi juga banyak hikmah yang bisa masyarakat ambil melalui tokoh Rania ini,” ungkap Bunga yang juga mengisi Soundtrack film ini dengan judul lagu: Aku Bisa Apa

Pada kesempatan yang sama sang penulis cerita Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea Asma Nadia mengaku film ini memang tidak seratus persen bersala dari kisah nyata pengalaman hidupnya. Tapi, katanya, banyak hal yang memang perlu ditambahkan untuk menambahkan bumbu-bumbu dalam media audio visual film yang berbeda dengan dunia menulis novel.

“Tapi setelah menonton lengkap filmnya tadi, saya merasa puas dengan kerja tim ini. dan sejauh yang saya tahu, film ini adalah film Indonesia pertama yang secara serius bekerjasama dengan Korea Selatan sampai melibatkan cast asli mereka. Apalagi dalam film ini, Indonesia dan Korea Selatan digambarkan sama indahnya,” ungkap Asma.

Selain itu, kata Asma, film ini juga sangat cocok untuk segala usia. Selain menceritakan erjalan keliling dunia seorang muslimah, Jilbab Traveler juga ingin mengajak masyarakat khususnya para muslimah untuk tidak takut lagi menggunakkan hijab saat ke luar negeri atau ke daerah minoritas muslim. Katanya, film ini bisa membuktikan bahwa hijab tidak membatasi mimpi seorang muslimah untuk bisa keliling dunia.

“Selama ini saya sudah menjelajah 60 Negara dan 316 kota di dunia. Untuk Korea Selatan adalah yang paling lama, di sana saya menetap selama enam bulan. Karena itu, cerita ini pun berasal dari pengalaman saya tinggal di sana dan bersahabat dengan seorang pria Korea, Hyun Geun yang saat ini sudah hampir sepuluh tahun lamanya,” jelas istri Isa Alamsyah ini.

Masyarakat Indonesia bisa mulai menikmati kisah Jilbab Traveler mulai tanggal 5 Juli 2016 saat libur Idul Fitri di seluruh bioskop Indonesia. Film ini bisa menjadi pilihan Anda dalam memilih tontonan yang ‘aman’ bagi keluarga dan anak-anak untuk libur Lebaran mendatang. (fau)

 

Sinopsis

Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

RANIA SAMUDRA (Bunga Citra Lestari), 24 tahun, seorang penulis yang gemar traveling, dijuluki Jilbab Traveler oleh para pembacanya. Ketika Ayahnya sakit, Rania memutuskan pulang. Namun Sang Ayah malah memberikan misi pada Rania mengunjungi Baluran, alam yang luar biasa indah di timur pulau Jawa, tempat dimana Ayah dan Ibunya dulu menemukan cinta.

Pada kesempatan itu, Rania bertemu dengan HYUN GEUN (Morgan Oey), fotografer asal Korea yang tampan tapi cuek. Hyun Geun ditemani sahabatnya, ALVIN (Ringgo Agus), berhasil memaksa Rania untuk memandu mereka kekawah Ijen. Tetapi keputusan itu  membuat Rania kehilangan momen terpenting bersama ayahnya

Perasaan menyesal mendorong Rania berhenti menjelajah dunia.  Tidak juga peduli ketika Hyun Geun yang merasa bersalah mencoba mendekat, bahkan hingga pemuda gondrong itu kembali  ke Korea. Rania tetap bersikeras tinggal di rumah, mendampingi ibunya.

Melihat hal ini, TIA dan ERON, dua kakak Rania, segera berinisiatif menjodohkan Rania dengan ILHAN (Giring Ganesha).  Kebaikan hati dan perhatian Ilhan membuat Rania yakin dia akan menerima cinta Ilhan. Sampai sebuah undanga nmenjadi peserta Writers in Residence di Gangwon, Korea Selatan, muncul di hadapannya.

Rania menghadapi dilemma terbesar dalam hidupnya. Saat keputusan nyaris di genggaman tangan, bayangan Hyun Geun bermunculan kembali seperti mimpi yang memangil-manggil dari kejauhan.

Jilbab Traveler: Sparks in Korea, yang diangkat dari novel semi biografi Asma Nadia, mengungkap kisah cinta, perjalanan menjelajah keindahan illahi dan gadis yang bertanya, di manakah Allah menyiapkan titik henti bagi petualangannya?

Durasi              : 110 Menit

Sutradara         : Guntur Soeharjanto

Pemain             : Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha, Ringgo Agus Rahman, Tasya Medina, Dewi Yull, Indra Bekti, Ferry Ardiansyah, Wawan Wanisar.

Produser          : Gope T. Samtani

Produksi          : PT. Rapi Films

Waktu tayang : 5 Juli 2016

 

 

 

 

 


Back to Top