Dengan Teknologi, Kini Bayar Zakat Semudah Belanja Online

Jakarta, (gomuslim). Selain wajib berpuasa, ada lagi satu amalan wajib di bulan Ramadhan, yaitu membayar Zakat. Untuk itu, dalam rangka menyukseskan penghimpunan Zakat di Indonesia, bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat, platform crowfunding Indonesia Kitabisa.com dipercaya menjadi channel zakat online. Saat ini, masyarakat dapat menunaikan zakat mereka secara online, seperi membeli tiket atau belanja online melalui laman: www.zakat.kitabisa.com.

Dengan fitur zakat online ini, maka pemberi zakat semakin dipermudah dalam menyalurkan zakat mereka, semudah membeli tiket online di internet. CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan kemitraan ini dilakukan sejalan dengan misi Kitabisa sebagai wadah gotong-royong digital. Lebih lanjut, Alfatih menjelaskan, ada tiga manfaat yang didapat seorang pengguna jika menunaikan zakat mereka melalui Kitabisa.

Pertama, pengguna dapat menunaikan zakat instan yang langsung tersalurkan ke mitra OPZ, atau pengguna dapat memilih program spesifik sesuai keinginan. Contohnya jika pengguna memiliki preferensi untuk membantu anak yatim, maka ia dapat melihat katalog program zakat yang bertema anak yatim dan langsung memilih program yang ingin dibantu. Kedua, pengguna akan mendapat laporan penggunaan dana dari mitra OPZ di website dan melalui email. Ketiga, pengguna tidak perlu melakukan konfirmasi zakat jika mengikuti prosedur zakat di Kitabisa yang menggunakan sistem kode unik. Dengan sistem kode unik zakat yang kita bayarkan akan terdeteksi oleh sistem tanpa harus melakukan verifikasi.

Pembuatan fitur zakat online ini diharapkan dapat makin menggali potensi zakat Indonesia yang mencapai Rp 217 triliun setiap tahunnya. Dengan potensi itu, zakat dinilai mampu membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

“Semoga hal ini membuat muzzaki (orang yang memberi zakat) semakin engaged dan semangat membantu program-program yang ada,” ujar Alfatih, seperti dilansir dari KompasTekno.

Untuk berzakat melalui situs Kitabisa.com, pengunjung tinggal membuka tautan zakat.kitabisa.com baik di PC maupun di ponsel, lalu memilih OPZ yang diinginkan untuk menyalurkan zakat, memilih cara pembayaran yang terdiri atas transfer bank dan kartu kredit, lalu mendapatkan verifikasi.

Selain itu, CEO Rumah Zakat (RZ) Nur Efendi menyatakan bahwa dari 153.644 donatur aktif RZ, preferensi setiap donatur sangat beragam. Namun trennya adalah semakin banyak muzakki yang menyukai transaksi berbasis online. “Sehingga kerjasama RZ dengan Kitabisa.com ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memberikan inovasi kemudahan donasi bagi para muzakki. Kenyamanan dan keamanan muzakki bertransaksi, tampaknya bisa direalisasikan oleh Kitabisa.com,” papar Nur Efendi, seperti dilansir dari Kitabisa.com.

Saat ini, menurut data dari laman Kitabisa.com, Zakat yang sudah terhimpun adalah sebesar Rp 313.451.250 dengan total 930 orang muzakki. Hasil dana yang terkumpul dari Program Zakat Online ini akan disalurkan ke banyak program-program sosial Kitabisa.com, di antaranya program #PatunganTHR, beasiswa Pendidikan siswa dhuafa berprestasi, bantuan medis mobil sehat untuk dhuafa dan masih banyak lagi. (fau)

 


Back to Top