Lirik Pasar Muslim, Negeri Ginseng Juga Luncurkan Kosmetik Halal

Jakarta, (gomuslim). Korea Selatan yang mempunyai julukan negeri ginseng ini memang terkenal dengan keindahan alam juga banyak sekali tren-tren yang mendunia, seperti musik, fashion, sampai industri filmnya. Selain itu, pasar kosmetika muslim diperkirakan akan mencapai 73 miliar dolar pada 2019 mendatang. Karena melihat besarnya potensi pasar tersebut membuat banyak perusahaan asal Korea Selatan yang mulai membidik pasar muslim sebagai target pemasaran. Namun baru segelintir yang mampu masuk ke pasar tersebut, salah satunya adalah brand bernama Talent Cosmetic. Brand konsemtik ini memperoleh sertifikat halal dari pemerintah Malaysia melalui lembaga JAKIM Malaysia (seperti LPPOM MUI di Indonesia) sejak  tahun 2014 lalu  untuk 150 produknya.

Seperti dilansir dari Mysharing.co, untuk mempromosikan produknya, Talent Cosmetic menggandeng  K-POP Group seperti Songha dari  LPG dan Amber dari FX  sebagai ambassador. Tapi, saat ini masyarakat hanya  bisa mendapatkan  produk Talent Cosmetic di Korea langsung atau di Malaysia Outlet yaitu Dataran Pahlawan Mall Melaka Pro MUA atau kunjungi langsung websitenya di www.talentcosme.com. Tapi ada rencana ke depannya dari Talent Cosmetics  untuk mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Thailand dan berbagai negara lainnya, termasuk Indonesia.

Hal ini menjadi kabar baik para pecinta Korea dan khususnya masyarakat muslim di negara tersebut. Karena hal ini membuktikan, produk halal sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di negara-negara yang muslim sebagai minoritas. Kehadiran Talent Cosmetics bisa menjadi pilihan bagi para perempuan muslim untuk menentukan penggunaan kosmetik yang aman dan bersetifikat halal.

Talent Cosmetic sendiri adalah produsen make up yang didirikan pada tahun 1980. Saat ini beroperasi enam toko  di distrik Myeong-dong, salah satu lingkungan perbelanjaan paling trendi di Seoul yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing. Outlet tersebut termasuk K-pop bertema "K-Pop Story" shop. Perusahaan membuka toko pertama di luar negeri di Jepang pada tahun 2008 dan memperluas bisnisnya ke toko-toko bebas bea dalam upaya untuk menarik wisatawan asing.

“Lembaga Otoritas terbaru dari Malaysia telah membentuk jembatan bagi kami untuk memperluas bisnis kami ke pasar Islam," kata CEO Talent Cosmetics Kang Sung-jin, seperti dilansir dari KoreaHerald.

Apalagi, tambah Kang, pengamat industri menjelaskan baru-baru ini banyak sekali permintaan produk makanan dan makeup asal Korea untuk negara-negara Islam, seperi Malaysia, Indonesia, dan Pakistan.

“Hal ini seperti biru di lautan, dan kami percaya kalau kami juga bisa memanfaatkan popularitas K-Pop untuk merambah pasar ini, “ kata Kang Sung-jin.

Katanya, pasar kosmetik halal saat ini sangat bersinar, tapi banyak analis menilai pertumbuhan ini bis memiliki potensi yang lebih baik untuk tumbuh sebagaimana yang ada saat ini yang penjualannya mencapai lebih dari $560 million.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri, sedikitnya ada 15 perusahaan yang memiliki produk halal. Berdasar Info Produk Halal yang dirilis Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Wardah, Sariayu, Biokos, Ristra, La Tulipe, Marcks Venus, Caring Colors, PAC, Mustika Ratu, Moors, Mustika Puteri, Biocell, Theraskin, Freya, dan Rivera. (fau/dbs)

 

 

 


Back to Top