Masjid Nabawi

Jemaah Makin Ramai, 15.000 Petugas Khusus Dikerahkan untuk Pembagian Air Zamzam

Madinah, (gomuslim). Suasana akhir bulan Ramadhan di Masjid Nabawi makin terasa dengan terlihatnya keramaian yang memadati masjid tersebut. Tak sedikit orang yang lakukan iktikaf, juga tak sedikit umat muslim yang ingin melakukan ibadah shalat tarawih dan tahajjud di Masjid Nabi ini pada akhir bulan yang penuh rahmat.

Kepadatan jemaah tak dapat dihindari, kapasitas mesjid yang dapat menampung setengah juta orang ini hampir setiap shalat Jumat selalu penuh diisi oleh umat Muslim bahkan di pelataran masjid terlihat penuh dengan jemaah yang shalat. Hal inilah yang menjadi pertimbangan segenap Dewan Pengurus Masjid Nabawi, dimana jemaah dalam kondisi di tengah kepadatan dan keramaian sulit mendapatkan air minum pada malam hari di Bulan Ramadhan.

Keluar dari kerumunan ratusan ribu orang tidaklah mudah maka demi kemudahan jemaah dalam mendapatkan air minum dikerahkanlah 15.000 personel khusus yang membagikan air minum dalam kemasan. Air tersebut merupakan air Zamzam yang telah dikemas dalam botol berukuran sekitar 600 mililiter.  Petugas-petugas khusus ini disebar ke beberapa titik di Masjid Nabawi dan mereka ditugaskan untuk mendekati titik keramaian jemaah, sehingga jemaah yang kehausan setelah berbuka puasa dapat dengan mudah menjangkaunya.

hgj

Karena makin banyaknya jemaah yang berkunjung ke Masjid Nabawi, maka kapasitas pengiriman air Zamzam pun ditambah menjadi 300 tangki. Penambahan kapasitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jemaah akan air Zamzam. Berdasarkan keterangan dari Departemen Air Minum yang memakili pengurus Masjid Nabawi menjelaskan bahwa, pengurus telah menambah jumlah personel untuk membagikan air Zamzam baik yang dibagikan kepada jemaah pria maupun wanita.

Sebelumnya Pengurus Masjidil Haram telah membuat ide baru dengan mengerahkan petugas yang membawa tangki air Zamzam berkapasitas 18 liter dan membawa cangkir khusus untuk diberikan kepada jemaah yang membutuhkan air minum, kemudian ide ini diterapkan di Masjid Nabawi. Tas tangki yang telah di desain memiliki kran yang dapat dikucurkan langsung ke gelas berukuran 300 militer.

Namun karena terbatasnya perlengkapan seperti itu, maka jumlah petugas harus ditambah dengan membagikan air minum dalam kemasan yang berisi air Zamzam. Semua ini dilakukan sebagai penerapan dari ibadah yang telah diniatkan karena Allah dengan menghormati tamu Allah yang beribadah di dalam Masjid yang telah dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. (fh/gph)

Baca juga:

Tidak Hanya di Masjidil Haram....

Kini Ada Keran Air Zamzam Berjalan


Back to Top