Idul Fitri 1437 H

Berbagi Kebahagiaan Lebaran Lewat Gerakan #PatunganTHR

Jakarta, (gomuslim). Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah tinggal menghitung hari. Banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan diri menyambutnya, selain dengan beribadah di malam-malam terakhir Ramadhan. Salah satunya dengan menyambut suka cita memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR). Hal tersebut disambut dengan cara berbeda oleh sebagian masyarakat dengan sebuah gerakan yang dilakukan oleh Wardah pada Ramadhan tahun inib yang bekerjasama dengan website fundrising online Kitabisa.com melalui gerakan #PatunganTHR.

Gerakan ini mengajak individu atau komunitas menggalang dana dan patungan secara online untuk memberikan THR atau hadiah lebaran kepada orang­orang baik di sekitar mereka, seperti guru sekolah, office boy kantor, pedagang di kampus, ibu kos, marbot masjid, anak yatim dan lainnya. Bentuk THR yang diberikan bisa berupa tunai maupun bentuk lainnya seperti tiket mudik, baju baru, beasiswa, modal usaha, paket umrah dan apa saja yang dibutuhkan oleh pihak yang ingin dibantu.

Sejak dimulai pada minggu ke­2 Ramadhan (13/06/2016), sudah ada lebih dari 200 individu dan komunitas yang ikut berpatungan secara online di halaman Kitabisa.com dan menggalang lebih dari Rp.250.000.000. Beberapa program penggalangan dana #PatunganTHR yang sudah terekam oleh Kitabisa.com adalah alumni FISIP UI yang patungan memberi THR untuk Mas Yono, marbot Musholla yang sudah mengabdi selama 15 tahun. Selain itu, ada inisiatif alumni IPB yang berpatungan THR untuk petugas kebersihan kampus. Ada juga komunitas Jajan Pahala yang memberikan paket sembako untuk kaum Dhuafa, patungan kaki palsu untuk seorang Ibu disabilitas, dan bahkan ada juga sekelompok anak kosan yang berpatungan memberi beasiswa untuk anak penjaga kos mereka.

Salah satu gerakan #PatunganTHR tahun ini adalah penggalangan dana untuk Gerakan Nasional 1000 Baju Muslim untuk Anak Yatim. Sampai tanggal (24/062016), dana yang terkumpul secara online maupun offline sebesar Rp 55.814.895 . Dana tersebut akan segera digunakan untuk membeli baju muslim perempuan di masing-masing kota dan membeli baju muslim laki-laki secara terpusat. Nantinya, pembagian 1000 Baju Muslim ini akan terpusat di di 10 Kota, yaitu Aceh, Padang, Jakarta-Depok, Bogor, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Malang, Banjarmasin dan Makassar.

Untuk gerakan ini, Wardah menyiapkan dukungan donasi tambahan senilai Rp.100.000.000 yang akan dibagikan dengan beberapa kriteria. Contohnya, individu atau komunitas yang mengumpulkan donasi terbesar akan ditambah donasinya sebesar Rp.10.000.000. sedangkan, untuk berpartisipasi di #PatunganTHR, masyarakat dapat mengisi formulir pendaftaran thr.kitabisa.com. Setelahnya, peserta akan mendapat halaman online di kitabisa.com untuk patungan dan mengumpulkan donasi hingga tanggal 3 Juli 2016.

“Kami ingin membuktikan bahwa kebaikan itu menular. Lebaran ini adalah momen yang tepat untuk berbagi kepada orang­orang baik di sekitar kita lewat gerakan #PatunganTHR ini,” ungkap Alfatih Timur CEO Kitabisa.com, seperti dilansir dari Dailysocial.id.

Tahun lalu, puluhan orang menggalang dana untuk memberikan THR melalui Kitabisa. Sebut saja alumni BEM UI yang memberikan THR untuk Emak, seorang pedagang lansia di lingkungan kampus yang diberikan hadiah tabungan kesehatan dan modal usaha.

Kitabisa.com sendiri  adalah website untuk menggalang dana dan berdonasi secara online terpopuler di Indonesia. Kitabisa telah digunakan oleh ribuan pengguna yang terdiri dari NGO global, yayasan lokal, komunitas, himpunan alumni, mahasiswa, artis, public figure dan individu siapa saja yang ingin menggalang dana untuk tujuan sosial, membantu sesama atau menciptakan karya. Saat ini Kitabisa.com telah memfasilitasi ribuan inisiatif penggalangan dan mengumpulkan lebih dari Rp.17 milyar donasi masyarakat dari Aceh hingga Papua. Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi: Vikra Ijas 081318629774, vikra@kitabisa.com dan untuk ikut andil menyalurkan donasi dari kampanye-kampanye gerakan #PatunganTHR ini, masyarakat bisa langsung melakukannya via online di www.thr.kitabisa.com. (fau/dbs)

 

 

 


Back to Top