1 Juta Jemaah Penuhi Masjid Nabawi di Akhir Ramadhan Tahun Ini

Madinah, (gomuslim). Meski kapasitas Masjid Nabawi dapat menampung 500 ribu jemaah namun pada shalat Jumat kemarin 1 juta lebih jumlah jemaah yang mendatangi Masjid Nabawi di akhir shalat Jumat pada Ramadhan tahun ini. Para jemaah tersebut disinyalir berasal dari Madinah dan sekitarnya serta beberapa jemaah datang dari luar Arab Saudi.

Petugas keamanan kota Madinah telah dikondisikan sejak pagi hari agar tidak terjadi kekacauan dalam kondisi yang ramai terebut. Dalam upaya terwujudnya keamanan dan keselamatan jemaah di Masjid Nabawi, maka 4 arah masuk menuju masjid ditutup bagi kendaraan bermotor kemudian jalan tersebut dipakai sebagai tempat shalat jemaah sehingga daya tampungnya menjadi semakin luas.

Selain melarang kendaraan masuk ke komplek Masjid Nabawi, petugas keamanan, relawan Bulan Sabit Merah, petugas kesehatan, dan kebersihan telah disiapkan untuk bertugas dari pagi hari. Semuanya disiapkan agar suasana menjadi kondusif dalam menjalankan ibadah shalat Jumat di akhir bulan Ramadhan.

hkhl

Suhu udara pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan tahun ini terasa panas, maka kipas angin yang menyemprotkan air pun disediakan di sekitar Masjid serta escalator diaktifkan sejak pagi hari agar hal ini dapat membantu dan mempermudah jemaah menuju tempat shalat mereka masing-masing. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Shahifah Madinah dinyatakan bahwa suasa shalat Jumat terakhir di bulan Ramadhan tahun ini terlihat khidmat dan khusuk.

Pada Jumat (01/07/2016), Syeikh Dr. Ali bin Abdurrahman Al Khuzaifi bertindak sebagai imam sekaligus khatib pada shalat Jumat di Masjid Nabawi. Isi khutbah yang disampaikan olehnya bertema Alquran yang diturunkan di bulan Ramadhan yang merupakan penghulu dari seluruh bulan. Selain itu banyak pula nilai-nilai keagamaan yang disampaikan dalam isi khutbah Syeikh Khuzaifi di Masjid Nabawi Madinah.

Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selalu ramai dikunjungi jemaah yang datang dari berbagai daerah dan negara. Kecintaan umat Muslim terhadap keutamaan shalat di kedua masjid suci ini begitu besar, sehingga suasana di sekitarnya selalu terlihat ramai. Jika pada Jumat pertama di bulan Ramadhan 1437 H, jumlah jemaah mencapai 500 ribu orang namun pada Jumat terakhir di Bulan Ramadhan jumlahnya meningkat menjadi dua kali lipat, bahkan jalan yang biasa dilalui kendaraan pun dijadikan tempat shalat. (fh/almadina/aljazirahonline)


Back to Top