Serangan Bom Bunuh Diri Sasar Tempat Parkir Masjid Nabawi

Madinah, (gomuslim). Senin sore (04/07/2016) tepatnya saat buka puasa, serangan bom bunuh diri menyasar kawasan Masjid Nabawi Madinah. Pada hari yang sama telah terjadi 3 ledakan bom bunuh diri di Arab Saudi dan yang sangat menyedihkan adalah ledakan bom yang terjadi di pelataran parkir dekat Masjid Nabawi Madinah, peritiswa memilukan tersebut terjadi ketika para petugas keamanan hendak  berbuka puasa.

Akibat ledakan bom tersebut, sedikitnya 7 orang petugas keamanan menjadi korban dan 2 orang petugas dinyatakan tewas di tempat, menurut informasi yang dilansir dari alaribiya.net ledakan bom tersebut terjadi karena seseorang disinyalir membawa bom dan meledakkan dirinya di tengah-tengah kumpulan petugas keamanan yang menjaga ketertiban Masjid Nabawi.

Belum diketahui sampai saat ini apakah bagian dalam Masjid Nabawi menjadi sasaran utama pelaku teror tersebut. Namun hingga shalat Maghrib kondisi kembali kondusif, jemaah tetap melakukan shalat Isya dan Tarawih di Masjid Nabawi dan  tidak mengurungkan niatnya untuk meninggalkan masjid tersebut guna beribadah di bulan suci Ramadhan.

Sebelumnya ledakan terjadi di dekat Masjid Quthif di sebelah timur kota Madinah, menurut beberapa media Timur Tengah dinformasikan bahwa insiden ledakan bom di Quthif terjadi akibat aksi bom bunuh diri dan bom mobil. Dalam peristiwa ini dua orang yang diduga pelaku bom bunuh diri tewas di tempat namun belum dapat diketahui jumlah korban lainnya.

Kementerian Dalam Negeri  Arab Saudi belum mengumumkan data resmi tentang tindakan bom bunuh diri ini sampai di 17:50 GMT. Pada Senin, (04/07/2016) telah terjadi 3 kali ledakan bom di tiga tempat yang berbeda sebelum bom meledak di Quthif, Konsulat Amerika Serikat di Jeddah telah diserang aksi bom bunuh diri yang menimbulkan beberapa orang terluka namun tidak ditemukan korban yang meninggal dunia.

Meskipun telah peristiwa ledakan bom telah terjadi di 3 titik, namun serangan tersebut tidak dapat memasuki Masjid Nabawi, hingga kini aktifitas jemaah yang beribadah berjalan sebagaimana mestinya. Tidak terlihat perasaan takut  mengenai ledakan susulan yang dikhawatirkan terjadi akibat ulah pelaku ledakan bom yang tidak bertanggung jawab. (fh/alarabiyanet/alsharq).


Back to Top