Bomber Madinah dan Jeddah Teridentifikasi, Berikut Pernyataan Resmi Kemendagri Saudi

(gomuslim). Hingga subuh Waktu Arab Saudi atau Selasa pagi menjelang siang WIB, (05/07/2016), Juru bicara Keamanan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi sebagaimana dirilis Saudi Press Agency (SPA) telah mengeluarkan identitas resmi para pelaku bom bunuh diri di Madinah, Jeddah dan Qatif yang terjadi beruntun pada Senin sore kemarin, (04/07/2016).

Mayjen. Mansour Al-Turki selaku juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan, pembom di Madinah berusia di bawah 30 tahun dan diidentifikasi sebagai ekspatriat dari Inggris. Foto yang diambil dari tempat kejadian menunjukkan tubuh pembom telah hancur karena ledakan.

Sebelumnya, seorang pembom bunuh diri juga meledakan dirinya di dekat Konsulat AS di Jeddah, namun segera diketahui oleh petugas keamanan di Jeddah dan pelaku diidentifikasi bernama Abdullah Kolzar Khan, seorang  WN Pakistan.

Sementara pada malam hari yang sama di sebuah masjid di dekat pasar Mias di Qatif, di Provinsi Timur, dua pembom meledakkan diri di luar Masjid Faraj Al-Omran. Sisa-sisa tubuh korban dari tiga orang ditemukan dan sedang diidentifikasi.

Otoritas keamanan Saudi masih menyelidiki rangkaian ledakan mematikan di akhir bulan Ramadhan di jantung kota suci umat Islam seluruh dunia ini.

Dilaporkan lebih lanjut, untuk kejadian di Madinah, sebelum shalat Maghrib di Madinah pada Senin (04/07), petugas keamanan melihat pelaku tergesa-gesa menuju ke Masjid Nabawi melalui tanah kosong yang digunakan sebagai tempat parkir mobil jemaah. Ketika dicegat, pelaku meledakkan dirinya dengan bom, yang mengakibatkan 4 petugas keamanan tewas serta 5 lainnya luka-luka.

Pasukan keamanan telah mengamankan situasi di  Masjid Nabawi dan jemaah tidak diizinkan untuk masuk atau keluar.

Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman, Selasa dini hari ini tiba di lokasi ledakan dan langsung mengunjungi Rumah Sakit Al Ansar, tempat para korban ledakan dirawat.

Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan statement bahwa terror tersebut adalah tindakan tercela, yang tidak menghormati kesucian tempat, waktu dan orang yang tidak bersalah. jelas menunjukkan sejauh mana kesalahan unsur-unsur sesat, ideologi gelap dan kegagalan mereka untuk mencapai tujuan melalui tindakan-tindakan tercela. (mm/bbs)

 


Back to Top