Idul Fitri 1437 H

Turki dan Rusia Lebaran Selasa Hari Ini, Presiden Putin Apresiasi Kontribusi Umat Islam

(gomuslim). Umat Islam di Rusia sudah melaksanakan Idul Fitri pada Selasa, (05/07/2016).  Pada hari kemenangan umat Islam itu Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, kepada seluruh masyarakat muslim Rusia. Shalat Idul Fitri di Rusia selalu menarik perhatian dunia karena jumlah jemaah sampai mengular ke jalan raya.

Seperti diketahui, beberapa negara Muslim mengumumkan bahwa hari Selasa (05/07/2016) adalah hari Idul Fitri, atau 1 Syawal 1437. Di antaranya adalah Turki, Mauritania, dan negara-negara Balkan seperti Rusia. Sementara Arab Saudi, Mesir, Malaysia, Indonesia menetapkan hari Rabu adalah hari raya Idul Fitri. Hal yang sama juga ditetapkan oleh Jepang, Selandia Baru, dan negara-negara Amerika Utara.

"Hari ini, umat Islam di Rusia, berdasarkan tradisi keagamaan, sejarah, dan budaya selama berabad-abad, merayakan hari raya ini, baik di tengah masyarakat muslim, dengan teman-teman, maupun keluarga serta sanak saudara. Selama perayaan ini, umat Islam biasanya meraih tingkat ketakwaan tertentu setelah berpuasa dan menjadi pribadi yang lebih senang membantu mereka yang membutuhkan pertolongan," kata Putin seperti disiarkan Kantor Berita Rusia ITAR-TASS, Selasa.

Tidak lupa yang setahun lalu meresmikan Masjid Agung Moscow bersama Presiden Turki Erdogan itu menyampaikan apresiasinya kepada umat Islam Rusia. "Hari ini, kita menyaksikan bagaimana umat Islam di Rusia hidup. Masjid-masjid dibangun, Akademi Islam Bulgaria didirikan, universitas dan madrasah didirikan, sistem pendidikan Islam dan peziarah ke situs-situs suci bagi umat Islam di Rusia terus meningkat. Kerja sama antara mufti dari Persemakmuran Negara-negara Merdeka (Commonwealth of Independent States/CIS) dengan negara-negara Islam lainnya pun diperluas," kata presiden Rusia berbadan atletis ini.

Selain itu, Putin juga mengungkapkan bahwa komunitas muslim telah berkontribusi besar dalam mengembangkan dialog antaretnis dan antaragama, aktif memfasilitasi kerja sama dengan struktur negara dan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan amal dan pendidikan.

"Kegiatan-kegiatan yang dilakukan muslim Rusia didukung oleh seluruh masyarakat karena mereka turut berkontribusi dalam menjaga perdamaian umum dan berjalan selaras dengan negeri ini," kata presiden menyimpulkan.

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev pun telah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh muslim Rusia. Para pemimpin Rusia berharap umat Islam Rusia terus berkontrbusi positif bagi negara dan bangsa, hidup berdampingan dengan umat lain. Saat ini populasi muslim di Rusia menjadi yang terbesar bersama Kristen dan sebagian komunis. (mm/bbs)


Back to Top