Idul Fitri 1437 H

Tiga Hari Satu Lebaran: Kemarin, Hari Ini dan Besok Umat Islam Shalat Idul Fitri

(gomuslim). Sebagian besar umat Islam di seluruh dunia menetapkan hari raya Idul Fitri 1437 H jatuh pada  Rabu hari ini, (06/07/2016). Seperti Indonesia, Malaysia dan Brunai, Negara-negara Teluk Arab telah mengumumkan bahwa perayaan Idul Fitri yang menandai akhir dari bulan suci Ramadhan, dilaksanakan pada Rabu. Demikian juga negara-negara Asia Timur dan Pasific seperti Jepang, Selandia Baru, dan negara-negara Amerika Utara.

Sehari sebelumnya, jemaah thariqat An-Nadzir di Goa Sulawesi Selatan, umat Islam di Turki dan Rusia sudah melaksanakan Idul Fitri pada Selasa, (05/07/2016).  Terutama shalat Idul Fitri di Rusia selama sehari kemarin mendapat perhatian dunia karena berlangsung tertib dan membludak hingga ke jalan-jalan, sementara penduduk lain menghormati dengan seksama, bahkan Presiden maupun Perdana Menteri memberi apresiasi.

 

 

Selain itu, negara-negara di Asia Selatan seperti India dan Bangladesh justru akan melaksanakan Idul Fitri pada Kamis, (07/07/2016). Yang lebih menarik, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan merayakan Lebaran pada Kamis, (07/07/2016) karena menganut penanggalan Sultan Agung atau penanggalan Jawa Islam.

"Penghitungan tahun di Keraton Ngayogyakarta ini sudah dilakukan secara teliti dan cermat dengan rumus yang baku. Bahkan siklus ini sudah dihitung hingga 120 tahun ke depan," kata Wakil Penghageng Tepas Tanda Yekti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Yudhahadiningrat, dalam jumpa pers di Kompleks Keraton Kilen, Selasa.

Untuk muslim di India, disebutkan Hari Raya Idul Fitri tahun ini justru akan jatuh pada 7 Juli 2016. Hal ini sebagaimana penuturan astronom Uni Emirat Arab yang juga Asisten Direktur Sharjah Centre for Astronomy and Space Sciences, Dr. Ibrahim al-Jarwan.

Bagi yang melaksanakan Idul Fitri pada Rabu hari ini telah dipustukan melalui serangkaian sidang.  Kantor berita resmi Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Kuwait dengan mengutip otoritas keagamaan di masing-masing negara melaporkan pada Senin (4/7), perayaan tahunan ini akan dimulai pada Rabu, setelah tim pemantau hilal dari pemerintah gagal melihat bulan tanda tanggal 1 Syawwal 1437 Hijriyah.

Demikianlah, dalam tiga hari ini umat Islam di atas bumi ini melaksanakan Idul Fitri berdasarkan ‘hujjah’ atau argumentasi hukum masing-masing. (mm)

 


Back to Top