Shalat Idul Fitri di Albania

Raja Saudi Perintahkan Seorang Imam Masjidil Haram untuk Imami Shalat Idul Fitri di Albania

Albania, (gomuslim). Albania merupakan salah satu negara di Eropa bagian tenggara yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Tentunya dengan demikian pada Selasa, (06/07/2016) umat Muslim di Albania merayakan Idul Fitri secara serentak, sama halnya dengan umat Muslim di Indonesia. Terkait dengan hal ini, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz memberikan sebuah titah kepada salah seorang imam di Masjidil Haram untuk beranjak menuju Albania dengan tujuan mengimami shalat Idul Fitri tahun ini.

Setelah adanya perintah dan arahan langsung dari Raja Salman maka ditunjuklah Syeikh Shalih Ali Thalib seorang imam dan khatib di Masjidil Haram. Beliau pun langsung bergegas menuju Albania pada Senin, (05/06/2016). Seorang Syeikh dan juga hafidz Alquran ini, merupakan ulama di Arab Saudi dan juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Lembaga Amal Haji dan Umrah di negara tersebut. Beliau menempu pendidikan tahfidz Alquran sejak SD hingga SMA, kemudian beliau melanjutkan pendidikan sarjananya dalam bidang Hukum Islam di Riyad, adapun jenjang master ditempunya dalam bidang Fiqh dan beliau juga mendapatkan gelar Doctor dari Inggris setelah diberi persetujuan dari Putra Mahkota Arab Saudi.

Kedatangan imam Masjidil Haram ke Albania sebagai imam pada shalat Idul Fitri disambut dengan suka cita masayarakat Muslim Albania. Mereka senang atas kehadiran seorang Imam Masjidil Haram, hal ini terlihat dari kehadiaran ribuan masyarakat Muslim Albania yang membanjiri jalan raya. Berbeda dengan kondisi di Indonesia, shalat Idul Fitri di Albania dilaksanakan di jalan raya yang kerap dipakai untuk lalu lintas kendaraan, namun untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri jalanan tersebut ditutup dan dikosongkan kemudian digelar sajadah dan karpet untuk tempat shalat.

ygkjh

Suasana seperti ini, jarang terjadi di Indonesia karena biasanya jika tidak di dalam masjid maka shalat Idul Fitri di Nusantara dilaksanakan di lapangan. Meskipun shalat Idul Fitri di Albania dilaksanakan di jalan raya, namun suasana tetap khidmat dan hening tidak terdengar suara bising kendaraan yang ada hanya terdengar kicauan burung yang hinggap di dahan pohon serta suara tartil Alquran dari Syeikh Ali Thalib.

Pada rakaat pertama Syeikh Ali Thalib membacakan Surat Al A’la setelah takbir 7 kali, kemudian di rakaat kedua beliau membacakan Surat Al Ghasiyah. Jika dilihat dari ketinggian tampak begitu mengharukan ketika ribuan orang sujud di jalan raya dan tampak menyiratkan suatu persaudaraan dan persatuan sesama Muslim, dengan begitu hilanglah perbedaan kasta karena semuanya tunduk dan rendah di hadapan Allah SWT. (fh/ hespress)

 


Back to Top