Raja Arab Saudi Sampaikan Pidato Ucapan Selamat Idul Fitri, Inilah Isi Teks Pidatonya

Riyad, (gomuslim). Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz menyampaikan sambutan pada Selasa, (05/06/2016). Sambutan tersebut disampaikan melalui Menteri Budaya dan Informasi Dr. Adil Ath Tharifi. Secara garis besar, Raja Arab Saudi ini menghimbau kepada generasi muda agar tidak terbawa ajaran pemikiran yang sesat, mengingat banyaknya pemuda yang mudah terpengaruh untuk mengikuti kelompok-kelompok yang mengarah kepada perbuatan keji seperti aksi radikalisme dan terorisme. Berikut ini isi teks pidato Raja Salman yang dibacakan oleh Ath Tharifi sebagaimana yang dilansir dari Al Arabiya:

Bismillahirramanirrahim

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam dan shalawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad bin Abdillah beserta para keluarga dan sahabatnya.

Wahai saudaraku di Kerajaan Arab Saudi dan saudaraku umat Muslim di mana pun berada.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Semoga setiap tahunnya kalian semua dalam keadaan baik dan semoga Allah menerima puasa kami dan kalian serta menerima shalat malam dan amal saleh dari kami dan kalian semua, karena sesungguhnya Dia (Allah) adalah Maha Mendengar dan mengabulkan doa.

Wahai Saudaraku!

Marilah kita memuji Allah SWT yang telah menguatkan kita dengan agama Islam yang lurus, agama yang moderat yang mengajarkan keadilan, kecintaan serta keselamatan sebagaimana kita memuji Allah yang telah menempatkan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk umrah dan haji dengan segala ketenangan. Selain itu kita telah diberi kekuatan untuk menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dan melaksanakan shalat malam, maka marilah kita bersyukur atas nikmat Idul Fitri yang telah diberikan oleh Allah, di mana Idul Fitri merupakan suatu momen untuk saling mengasihi di antara umat Islam dengan cara dan lisannya masing-masing. Bersyukurlah kepada Allah, berdoa kepada-Nya agar menyempurnakan kebahagian untuk kita dengan menyelesaikan konflik perpecahan umat Islam serta menghilangkan kekacauan yang menyakitkan.

Wahai saudara dan saudariku!

Sesungguhnya apa yang terlihat dalam pergerakan dunia Islam saat ini sangat menonjol dari sisi kelompok yang saling bersaing sehingga mengajak kita berjuang sekuat tenaga untuk menyatukan kata, barisan, dan perbuatan demi memecahkan masalah umat Islam dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Hakikatnya permasalahan besar umat Islam saat ini adalah menjaga aset mereka yang sesungguhnya dan cita-cita di masa depan yakni kaum pemuda yang rentan terbawa perbuatan tercela serta mengarah pada ajakan sesat yang menyimpang dari naluri yang normal dan ajaran Islam yang lurus maupun budaya yang berlaku di kalangan masyarakat Islam.

Dengan ini pihak Kerajaan Arab Saudi dengan izin Allah akan bertindak otoriter menentang tindakan penyesatan tersebut yang diarahkan kepada generasi muda kita dan bagi setiap masyarakat diharapkan untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam menjalankan siasat ini guna memerangi pemikiran yang sesat tersebut. Program ini kami canangkan berdasarkan ajaran agama Islam yang kita anut demi menjaga kehormatan jiwa dan harta.

Kita dapat merasakan bahwa negeri yang kita tempati ini merupakan jantung negara umat Islam, inilah sebabnya negeri ini menjadi mulia karena sebagai tempat singgah umat Islam seluruh dunia manakala mereka melakukan umrah maupun haji, maka dari situlah mari kita lakukan penguatan pertahanan serta  menyelesaikan perkara besar umat Islam yang saat ini kita hadapi bersama terutama perkara yang sedang melanda Palestina.

Saudara dan saudariku!

Saya mendoakan kalian semua di malam Idul Fitri ini semoga segala harapan di masa yang akan datang menjadi hal yang lebih utama, oleh karena itu bersyukurlah pada Allah Azza wa Jalla atas nikmat yang kita rasakan baik secara lahiriah maupun batiniah. Dan marilah kita berdoa agar kita berbuat baik dan Allah menjaga negeri kita serta negeri kaum Muslim seluruh dunia dari segala keburukan dan tak lupa pula semoga Allah merahmati para syuhada yang gugur di medan perjuangan demi membela agama dan tanah air mereka, kemudian semoga Allah merahmati arwah kaum Muslim yang telah wafat. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan mengabulkan doa, semoga setiap tahunnya kalian semua dalam kebaikan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Raja Salman bin Abdul Aziz

30 Ramadhan 1437 H/ 5 Juli 2016


Back to Top