'Sleeper Bus' Tawarkan Cara Baru Mudik Antar Kota

(gomuslim).  Untuk kenyamanan transportasi jarak jauh yang memakan waktu hingga berjam-jam, umumnya digunakan ‘sleeper train’ atau kereta api dengan fasilitas tempat tidur, bukan tempat duduk. Selain itu juga mulai populer ‘Sleeper Bus’ untuk jarak menengah. Dua moda transportasi tersebut sangat populer di Eropa dan sebagian Asia seperti di Vietnam, Thailand dan Malaysia. Bagaimana dengan Indonesia? Sudah pernah merasakan? Atau bahkan dengar pun belum?

Nah, belum lama ini Perusahaan Oto Bus (PO) Brilian, sebuah perusahaan pendatang baru langsung masuk di segment ini dengan menjadi pelopor “real sleeper bus”. Memang belum populer, karena selama ini yang sering dikenalkan adalah bus dengan seat 2:1 dan 2:2. Namun gebrakan PO Brilian ini layak mendapat apresasi karena ada kebutuhan di segmen tersebut yang belum terpenuhi.

Dengan menggunakan model bus terbaru dari AdiPutro, Brilian menyuguhkan suasana baru, yaitu kasur di dalam bus. Bukan tempat duduk.  Dalam satu bus terdapat 20 springbed susun atas – bawah dengan ukuran 2×1 meter melingkupi  seluruh interior bus dari depan hingga belakang.

Adpun fasilitas yang ditawarkan mirip-mirip hotel antara lain bantal, selimut, sandal hotel, loker untuk sepatu, dan dilengkapi personal entertainment di masing–masing bed berupa TV Led. Layanan ekstra lainnya adalah service makan saat istirahat di RM dan air mineral yang dibagikan dalam perjalanan.

Untuk pertama kali, trayeknya yang dibuka adalah jalur Jakarta-Purwokerto-Purbalingga. Untuk penumpang tujuan dari dan ke Purwokerto juga disediakan Shuttle gratis.

Berdasarkan informasi yang didapat dari halaman Bismania Community, info dan pemesanan tiket dapat dilakukan di beberapa lokasi sebagai berikut : Bekasi, Pasar Rebo, PAL, Pondok Labu, Pasar Jumat, dan Mampang. Layanan transportasi ini layak dicoba bagi pemudik lebaran.

 

Tentang Sleeper

Soal ‘sleeper bus’ secara harafiah memang diterjemahkan sebagai ‘bus tidur’ atau dengan fasilitas tempat tidur. Kendaraan beroda enam ini di dalamnya berbeda dengan bus pada umumnya karena di dalamnya berupa tempat tidur. Satu-satunya tempat duduk hanyalah punyanya pak sopir. Mengapa perlu mencoba jenis bus ini?

Pertama, “Wow, this is the weirdest thing I ever see”. Aneh? selain tempat duduknya berupa tiga lajur memanjang, dua tingkat, dengan masing-masing lajur berisi beberapa tempat tidur ukuran 1,8 meter x 0,6 meter juga ada “batas suci”-nya alias lepas sepatu.

Kedua, Sleeper bus biasanya melayani rute antar kota, antar district dan bahkan antar negara, yang biasanya ditempuh lebih dari 4 jam.

ketiga, Sleeper Train dan Sleeper Bus dengan tempat tidur yang cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Tersedia kasur empuk lengkap dengan bantal dan selimut yang bersih. Harga sebenarnya jauh relatif murah dibandingkan dengan tiket kereta eksekutif Jakarta - Yogyakarta dengan harga Rp 200 ribu-an.

Sleeper train dan sleeper bus, sama-sama transportasi publik jarak jauh antar kota antar negara di Asia yang bentuk tempat duduknya dibikin menyerupai tempat tidur. Kereta api ini menghubungkan 3 negara di ASEAN, mulai Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Di Indonesia mulai menjadi penghubung antar kota antar propinsi dan diperkirakan akan menjadi salah satu pilihan bagi kegiatan mudik lebaran maupun perjalanan antar kota biasa. Welcome, Sleeper..!

 


Back to Top