Ini Bahan Rahasia Kuliner Halal Jepang

Jakarta, (gomuslim). Sushi, shabu-shabu, onigiri dan mie ramen adalah beberapa kuliner khas negara Sakura yang sudah taka sing di telinga para pecinta makanan. Baru-baru ini, Jepang juga sedang menarik perhatian masyarakat muslim dengan kampanye wisata halal, termasuk melalui wisata kulinernya. Tapi, banyak hal yang sering dikhawatirkan para pecinta kuliner tersebut, khususnya bagi para muslim, yaitu bumbu atau bahan-bahan pembuataannya yang bukan berasal dari produk halal. Salah satunya adalah bumbu wajib kuliner Jepang mirin. Bumbu dapur ini berupa semacam  minuman beralkohol warna kuning yang berasa manis. 

Seperti dilansir dari publikasi resmi DapurHalal, Executive Chef Imperial Cooking School Tokyo Hideyoshi Imai mengatakan fungsi mirin sebenarnya nyaris sama dengan gula yakni sebagai penambah rasa manis masakan. Kandungan pada mirin bisa menghilangkan bau amis ikan dan mengurangi hancurnya bahan makanan ketika dimasak. Hideyoshi juga menambahkan sebetulnya ada dua jenis mirin, yakni mirin sebagai minuman keras murni dan bumbu pelengkap rasa makanan. Tapi, katanya, jika kategori masakan halal tetap tidak membolehkan adanya alkohol, maka mirin tidak perlu digunakan sama sekali alias dapat diganti dengan bahan pemanis lain untuk menguatkan rasa hidangan.

"Salah satu upaya kami untuk menyajikan masakan halal adalah mirin bisa digantidengan bahan lain, seperti gula pasir atau madu, akan enak juga nanti rasa masakannya," tambah Hideyoshi.

Mirin biasanya mengandung gula sekitar 40 sampai 50 persen dengan alkohol sekitar 14 persen. Mirin biasa digunakan untuk masakan yang diolah secara direbus atau untuk campuran berbagai macam saus, seperti untuk kabayaki, soba, hidangan tempura dan saus teriyaki.

Selain itu, karena jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang semakin banyak, termasuk dari negara-negara muslim, Jepang pun menyediakan beberapa pilihan resto yang menawarkan makanan halal khas Jepang. Salah satunya adalah yang terkenal di kota Tokyo, yaitu La-Toque. Tempat ini adalah salah satu restoran halal yang menyediakan Japanese curry atau kari khas Jepang. Terletak di Narita Airport Terminal 2, Main Building, 4th Floor, menyajikan beragam pilihan kari khas Jepang yang banyak disukai oleh para wisatawan asing dan orang-orang Jepang juga banyak yang datang ke restoran di bandara internasional tersebut. (fau/dbs) 


Back to Top