Libur Lebaran, Musium Masjidil Haram Ramai Dikunjungi Wisatawan

Mekkah, (gomuslim). Selain Masjidil Haram ada sebuah musium yang juga banyak diminati jemaah umrah maupun wisatawan. Terkait dengan libur di Hari Raya Idul Fitri maka petugas penjaga musium diperintahkan untuk tetap bekerja untuk melayani para pengunjung yang mengisi libur panjang. Pada lebaran kemarin, musium ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan juga domestik. Koleksi musium yang berupa komponen-komponen penting di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Musium yang memajang replika maupun arkeologi asli terkait Haramain adalah musium yang diinisiasi pembangunannya oleh Dewan Kepresidenan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pada tahun 1420 H/2000 M. Di dalam musium ini terdapat 7 ruangan yang masing-masing ruangan terdiri dari komponen yang melekat di Masjidil Haram seperti, replika sumur Zamzam, tangga kayu pintu kakbah, foto-foto langka yang dapat mengantarkan pengunjung untuk memahami pembangunan Masjidil Haram dari masa ke masa.

hhgjgjh

Selain terpajang replika beberapa komponen, ada pula tangga kayu yang sudah berumur 2 abad lamanya, tangga kayu ini adalah tangga yang kerap dipakai untuk masuk ke dalam Kakbah. Kemudian di dalam musium ini, ada juga tiang-tiang kayu yang pernah dijadikan sebagai tiang penyanggah kakbah. Tiang-tiang kayu ini merupakan peninggalan renovasi Abdullah bin Zubair pada tahun 65 H. Dengan demikian tiang kakbah yang terbuat dari kayu ini dapat dikatakan telah berumur lebih dari 1.000 tahun.

Selain itu pula di dalam musium ini terdapat semacam kurungan Maqam Ibrahim, pintu kakbah yang lama dan pintu masjid Nabawi. Musium ini menerima pengunjung dari pukul 08:00 sampai 21:00 waktu setempat dari Senin sampai Ahad. Menurut Direktur Musium Haramain Ahmad bin Muhammad Ad Dakhil menyampaikan bahwa musium yang memamerkan berbagai komponen penting yang ada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ini sangat diminati oleh peziarah Muslim dari seluruh dunia. Hal ini terlihat pada akhir Ramadhan, tercatat jumlah pengunjung lebih dari 50 ribu orang selama bulan Ramadhan.

Sejak pertama diresmikan pada tahun 1420 H sampai saat ini, telah tercatat 5.134.589 orang yang telah mengunjungi musium yang berdiri di atas lahan 1200 m2. Sehingga dengan meningkatnya jumlah pengunjung maka Musium Haramain ini merupakan media yang efektif untuk dijadikan sebagai instrumen sosialisasi tentang Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (fh/gph)

kjghkjh


Back to Top