Sekolah Muslim Jadi Pelopor Dakwah Islam di AS

(gomuslim). Perkembangan warga muslim di Amerika tanpa telah memicu tumbuhnya sekolah-sekolah Islam di negeri paman sam tersebut. Tak kurang dari lima sekolah Islam di Amerika setidaknya telah berdiri dan hingga kini tetap eksis dengan kisaran kontribusinya yang beragam. Salah satunya ialah sekolah Islam As-Salam atau biasa disebut As-Salam Day School, yang telah berdiri sejak 25 tahun yang lalu di negara bagian Missouri, Amerika Serikat (AS).

 Negara bagian yang terletak di bagian tengah ini beberapa tahun yang lalu memiliki jumlah penduduk sebesar 5.911.605 jiwa (kepadatan penduduk sebesar 85,3 jiwa/km²) dan memiliki luas wilayah 180.533 km² dengan Ibu kotanya adalah Jackson. Dengan angka tersebut, jumlah warga muslim di negara bagian tersebut diperkirakan tak lebih dari dua ribu penduduk yang menyebabkan sekolah Islam di sana begitu dibutuhkan mengingat pendidikan Islam hanya didapatkan di sekolah-sekolah Islam selain bisa juga mendapatkannya di pengajian-pengajian yang diadakan diaspora muslim di negara tersebut.

Legalitas As-Salam Day School pun tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya mendapatkan satu akreditas, As-Salam Day School berhasil mendapatkan tigas akreditasi sekaligus dari lembaga pendidikan Islam dan non-Islam, yakni  dari negara bagian Missouri, badan pendidikan Islam di Amerika Utara (CISNA) dan lembaga akreditasi nasional.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para siswa yang menuntut ilmu di sekolah tersebut. Selain mendapatkan ilmu agama (Alquran, bahasa Arab, studi Islam dan pengetahuan lain berbasis Islam), As-Salam Day School juga menyuguhkan mata pelajaran  umum sebagaimana sekolah-sekolah lainnya, seperti Robotik, komputer dan bahasa Inggris. Adapun bagi pihak pengelola, mendapatkan tiga akreditasi adalah prestasi yang membanggakan bagi sekolah Islam tersebut, sebagaimana yang dikatakan oleh Abdul Mun'im Jitmoud, kepala sekolah Al-Salam day school dalam moment perayaan ke-25 tahun berdirinya sekolah ini. “Sebelumnya kita sudah memegang akreditasi dari negara bagian Missouri, jadi sekarang, bersamaan dengan perayaan ke-25 tahun berdirinya sekolah ini, kami juga menjadi satu-satunya sekolah di negara bagian Missouri yang memegang tiga akreditasi sekaligus," tegasnya.

Namun, hal unik yang dimiliki sekolah As-Salam Day School bukanlah prestasinya yang berhasil menjadi satu-satunya sekolah Islam di negara bagian Missouri yang berhasil mendapatkan tiga akreditasi sekaligus, melainkan guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut yang juga merekrut tenaga pengajar dari kalangan non-muslim yang melalui proses seleksi yang ketat hingga berhasil diterima menjadi guru di sekolah tersebut. Bahkan salah satu guru non muslim yang ada di sekolah tersebut sudah mendedikasikan dirinya sejak 15 tahun yang lalu dengan mengajar mata pelajaran ilmu sosial, sejarah dan seni. Tentu saja keunikan ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi radikalisme antar agama di AS. (alp/dbs)

 


Back to Top