Dirjen Bimbingan Angkutan Bus di Madinah Butuh 1.000 Tenaga Musiman Haji untuk Tahun Ini

(gomuslim). Menjelang musim haji yang semakin dekat, Badan Koordinasi Penyaluran Tenaga Kerja Musiman telah membuka penerimaan anggota pekerja sementara untuk musim haji tahun ini di Kantor Bimbingan Angkutan Bus Madinah hari ini (14/07/2016).

Wakil Direktur Jendral Bimbingan Angkutan Bus Madinah Marwan bin Abdul Aziz Khasyaqjiy menjelaskan, bahwa departemennya akan membuka lowongan kerja untuk 1.000 orang pemuda yang nantinya akan disiapkan untuk menjadi tenaga kerja musiman di bulan Dzulhijjah. Selanjutnya para pemuda tersebut akan dilatih untuk dapat terampil melayani para jemaah haji yang mengunjungi Madinah negeri Nabi Muhammad SAW.

Mereka pun nantinya akan dididik kedisiplinan secara intensif kemudian akan dilatih cara komunikasi yang baik terhadap jemaah haji serta dilatih juga untuk dapat mengoperasikan alat modern demi meningkatkan efisiensi kerja selama menjalankan tugas melayani tamu Allah di Tanah Suci.

kjghkl

Kantor Bimbingan Angkutan Bus di Madinah dijadikan sebagai tempat pendaftaran tenaga kerja musiman tersebut. Namun pendaftaran kali ini tidak dilakukan secara manual melainkan para calon tenaga kerja musiman harus mendaftarkan data diri secara online di www.irshadhajj.com.

Aplikasi lamaran dan formulir telah diformat secara elektronik oleh otoritas terkait, selanjutnya akan diseleksi para pelamar yang memenuhi kriteria sebagai tenaga kerja sementara di musim haji tahun ini. Di antara syarat yang harus dimiliki oleh pelamar adalah keharusan menguasai rute atau jalan utama di Madinah, karena profesi mereka nantinya sama seperti pemandu perjalanan jemaah haji di kota tersebut. Adapun mengenai gaji yang diberikan kepada tenaga kerja musiman tersebut sebesar SAR 7,000,- atau sekitar Rp 24,444,050,- per musim tahun ini.

Meskipun pendaftaran ini dibuka untuk umum namun pihak otoritas terkait tidak membuka lowongan tersebut untuk tenaga kerja asing, pasalnya hanya pemuda Saudi yang diterima oleh lembaga pengaturan bus di Madinah ini. Meski demikian Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah telah membuka  peluang kerja tenanga musiman (temus) pada (24/04/2016) dan telah ditutup pada (05/05/2016) bagi penduduk Indonesia.

Tenaga kerja musiman haji untuk layanan transportasi, merupakan tenaga kerja yang ditugaskan untuk melayani jemaah dalam hal transportasi perjalanan haji selama di Arab Saudi khususnya dari Madinah ke Mekkah. Pekerja musiman ini harus tetap bersikap ramah dan santun terhadap jemaah yang datang dari berbagai negara. Selain itu mereka pun harus dapat memberikan informasi terkait angkutan yang dibutuhkan oleh jemaah haji. (fh/almadina)


Back to Top