Jelang Musim Haji

Menteri Haji Saudi Lakukan Sidak Kesiapan Pembagi Air Zamzam di Mekkah

(gomuslim). Menteri Haji dan Umrah Saudi Dr. Muhammad Shalih bin Thahir Bantan berkunjung ke Kantor Unit Zamazima di Mekkah Mukarramah belum lama ini. Di sana sang menteri bertemu dengan ketua lembaga beserta para anggotanya, kemudian mendengarkan laporan yang disampaikan secara lisan mengenai apa yang telah mereka lakukan dalam terkait upaya pelayanan terhadap tamu Allah di Tanah Suci pada bulan Ramadhan 1437 H.

Unit Zamazimah adalah lembaga satuan petugas yang melakukan pembagian air Zamzam kepada jamaah yang datang dari luar Arab Saudi. Pihak manajemen satuan petugas ini menyatakan bahwa seluruh anggotanya senang mengerahkan upaya yang maksimal dan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan, slogan mereka dalam bekerja adalah, “Melayani tamu Allah adalah suatu kemuliaan, amanah dan tanggung jawab”.

Lembaga ini juga membantu jemaah yang memberikan informasi tempat peristirahatan atau membantu jemaah yang kelelahan dengan mengantarkan mereka ke tempat peristirahatan yang nyaman dan tenang. Pada dasarnya tugas yang mereka emban sekarang ini merupakan suatu instruksi langsung dari Raja Arab Saudi untuk memuliakan tamu Allah.

Selanjutnya unit yang fokus pada tugas pemberian air Zamzam ini juga menyampaikan laporannya kepada Bantan mengenai pengawalan jemaah dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah tidak hanya pada musim umrah Ramadhan namun juga pada musim haji nanti. Sejatinya Unit Zamazimah ini merupakan suatu lembaga dibawah koordinasi Kementrian Haji dan Umrah Arab Saudi, itulah sebabnya Menteri Bantan mengunjungi mereka yang berada di Mekkah dan mengevaluasi kinerja mereka dalam melayani jemaah umrah pada bulan Ramadhan kemarin.

Dalam laporan yang disampaikan kepada Menteri Haji Saudi, para petugas yang melayani urusan air Zamzam ini hanya menyampaikan kesiapannya dalam menjalankan tugas dan terus memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Terkait dengan laporan tersebut Menteri Bantan pun menanggapi positif dan terus memantau kinerja mereka.

Dengan demikian kunjungan menteri haji Arab Saudi ini hanya sebatas mendengarkan dan mamantau pergerakan kerja petugas yang melayani jemaah. Namun pada sisi lain kehadiran Bantan di tengah-tengah mereka merupakan suatu upaya penyemangat bagi para petugas yang rela bekerja keras selama musim umrah Ramadhan tahun ini.

Selain memantau kesiapan petugas haji tahun ini, Bantan juga memantau fasilitas yang harus diberikan oleh jajarannya kepada jemaah haji nanti.  Sebelumnya pada bulan Ramadhan, menteri yang beru dilantik beberapa bulan lalu ini juga mengunjungi Mekkah dan dalam kunjungannya itu ia menenkankan bahwa jemaah haji di tahun 2016 diimbau untuk menggunakan gelang haji elektronik.

Bantan memberikan instruksi terkait gelang haji itu melalui jajaran kementriannya yang menilai bahwa gelang haji elektronik tersebut benar-benar dapat membantu jemaah khsususnya para lansia. Karena gelang berbasis elektronik tersebut berisi beragam informasi yang banyak dibutuhkan oleh jemaah seperti waktu shalat, alamat hotel yang ditinggali, nomor visa, nomor paspor, nama jalan dan juga nomor telepon penting.

kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi belum lama ini ke Mekkah adalah semata-mata untuk meninjau kesiapan dan keseriusan para petugas dalam melayani tamu Allah selama bulan Ramadhan kemarin. Terkait dengan Umrah di bulan Ramadhan tahun ini pihak otoritas terkait Arab Saudi menyatakan bahwa umrah pada tahun ini mengalami peningkatan dan berjalan lancar dan aman. (fh/al-madina)


Back to Top