Ecosynergy Riska 2016

‘Malam Apresiasi Ecosynergy’: Remaja Masjid Sunda Kelapa Sukses Ajak Volunteer Berwisata Sambil Beramal

(gomuslim). Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa (Riska) menggelar kegiatan malam minggu berbeda di rangkaian acara Ecosynergy; Act, Share and Learn pada Sabtu (20/08/2016). Setelah selesai dengan kegiatan sosial yang padat di pagi sampai sore hari, Riska menggelar pertunjukan seni berupa malam apresiasi Ecosynergy di panggung utama Taman Terpadu alun-alun Pulau Harapan. Acara ini adalah bentuk apresiasi Riska kepada para volunteer dan juga banyak pihak yang menjadi bagian dari suksesnya acara Ecosynergy ini.

Pada acara tersebut, ratusan volunteer dibagi menjadi 10 kelompok yang masing-masing menampilkan pertunjukan seni, seperti kreasi dance, menyanyi, musikalisasi puisis, mini drama, dan lainnya. Selain itu Riska juga mengumumkan para pemenang dari volunteer award, berupa peserta teraktif, peserta ter-cool, peserta best costume untuk tema hawaii, dan best photography melalui sosial media instagram.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia acara Ecosynergy Lindi Anggraini mengucapkan terimakasih untuk semnagat dan antusias 156 peserta yang berpartisipasi dalam Ecosynergy ini, mulai dari penanaman pohon mangrove sampai kampanye lingkungan di sekolah dan pembuatan mural bersama.

“Acara ini tentu juga menjadi sukses atas kerjasama komunitas, yaitu Kemangteer Jakarta, Earth Hour, dan Muralmen. Selain itu tentu media partner gomuslim.co.id dan lainnya yang telah membantu menyukseskan acara ini, “ jelas Lindi.

Meskipun dilaksanakan oleh Remaja Masjid, acara Ecosynergy diikuti oleh berbagai kalangan, selain remaja, juga ada anak-anak, para ibu dan bapak lansia yang tak kalah semangat aktif berkontribusi di semua kegiatan Ecosynergy. Salah satunya adalah Susy Suzanna, Ibu berusia 57 tahun ini membawa serta rombongan dari Lembaga Bahasa Ilmu Quran (LBIQ) sebanyak 22 orang. Katanya, alasan ikut acara Ecosynergy ini adalah ingin mneghabiskan akhir pekan dengan kegiatan bermanfaat.

“Meskipun kami ini sudah tua, tapi Insya Allah semangat masih membara seperti anak muda. Kami tertarik ikut, karena Riska tidak hanya mengajak berwisata alam saja, tapi juga dengan kegiatan sosial yang menyenangkan, “ ungkap ibu satu anak ini.

Adapun Ecosynergy ini berisi berbagai kegiatan sosial dan peduli lingkungan, di antaranya penanaman sejumlah 1.437 bibit pohon mangrove, kampanye peduli lingkungan melalui semi melukis dan mural (melukis di dinding) bersama para murid Sekolah Dasar Satu Atap Pulau Harapan dan mentoring pengetahuan tentang pengolahan sampah kepada anak-anak pulau tersebut. Kegiatan sosial Ecosynergy pun ditambah dengan kegiatan travelling wisata alam, yaitu berkunjung ke Taman Bioata Laut pengangkaran penyu dan menikmati keindahan bawah laut lewat kegiatan snorkeling pada hari berikutnya, Minggu (21/08/2016). Karena itu, kegiatan Ecosynergy oleh Riska ini menjadi lengkap dan berkesan bagi para peserta sebagai; travelling seru sambil beramal. (fau) 

 


Back to Top