Segera, Olimpiade Internasional Pecinta Quran Digelar di Indonesia

(gomuslim). Sebelum tahun 2016 berakhir, Indonesia akan diramaikan dengan Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) berskala internasional yang dihelat oleh komunitas ‘One Day one Juz’. Perhalatan akbar ini mengambil tema  ‘Islamic Modern Lifestyle’, bertempat di Gelanggang Olahraga atau Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi yang juga bertaraf Internasional.

OPQ akan menjadi kegiatan terbesar dari semua program yang pernah digelar komunitas ‘One Day One Juz’. Diharapkan event ini dapat menambah warna syiar Islam serta cinta Quran di negeri ini, yang akan terukir dalam tinta emas di lembaran sejarah.  Sementara pada saat yang sama, Kota Bekasi sebagai ‘Kota Ihsan’ akan menjadi saksi berkumpulnya ratusan ribu pecinta Quran dari berbagai penjuru dunia pada perhelatan akbar ini.

Insya Allah OPQ akan digelar pada 5-13 November 2016 dengan rangkaian kegiatan Festival Quran selama 6 hari,menyuguhkan  berbagai acara keren nan apik seperti talkshow, seminar, temu komunitas, nikah massal. Rangkaian lomba utama akan diikuti oleh kontingen dari dalam negeri dan luar negeri selama 2 hari berturut-turut di Islamic Centre kota Bekasi.

Kategori yang dilombakan adalah:

1.            MTQ atau Musabaqah Tilawatil Quran. lomba membaca Alquan dengan bacaan yang mengandung nilai ilmu tajwid, seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku. Peserta bersifat perorangan, yang terdiri atas Ikhwan, Akhwat dan Anak – Anak.

2.            MHQ atau Musabaqah Hifdzil Quran. Musabaqah membaca Alquran dengan menghafal bacaan tartil/murottal. Bacaan yang mengandung nilai ilmu tajwid, seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku.  Peserta bersifat perorangan, yang terdiri atas Ikhwan, Akhwat dan Anak – Anak.

3.            Tafsir Quran: Perlombaan pemahaman Alquran sesuai dengan tafsir yang telah dilakukan oleh para ulama muslim Perlombaan ini terbagi dalam Kategori Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Peserta bersifat perorangan, dapat diikuti oleh Ikhwan, Akhwat

Target peserta OPQ adalah masyarakat Muslim yang berada di sekitar Dewan Pengurus Area ODOJ di berbagai daerah Indonesia maupun negara- negara di dunia. Saat ini ODOJ telah memiliki Kepengurusan di 30 Provinsi di Indonesia dan di 21 Negara. 

Puncak acara berupa Tilawah Akbar pada hari ke-9, yang akan digelar di stadion Candrabaga, stadion bertaraf internasional kebanggaan warga kota Bekasi. Acara puncak ini juga akan diisi dengan performance robot ODOJ, performance artis, parade kontingen, parade bedug dan ikrar 1000 pengajar Al Qur'an.

Juga akan  menghadirkan 5 syekh dari 5 benua, tokoh dan ulama  nasional seperti Dr Hidayat Nur Wahid (Mantan Ketua MPR RI), Ust.Bahtiar Natsir,  Ust.Habiburrahman Elshirazy, Ust.Bendri Jaisyurrahman serta artis-artis pendukung ODOJ, seperti Teuku Wisnu, Tommy Kurniawan, Melly Goeslaw, Okky Setiana Dewi, Hamas Syahid, Bedu dan masih banyak lagi.

“Mimpi Yang Harus Terbeli”, itulah slogan yang menjadi penyemangat seluruh pihak yang terlibat di kerja besar ini. Hingga insya Allah akan menggerakkan segala daya untuk mendukung suksesnya event ini baik moril maupun materiil.

Dengan mengharap ridha Allah SWT, semoga event ini dapat terselenggara dengan baik dan penyelenggara mengundang seluruh  umat Islam untuk hadir dan menggetarkan langit negeri ini melalui event Olimpiade Pecinta Quran. Untuk mencapai cita-cita besar komunitas ODOj “Membumikan Alquran Melangitkan Manusia”. Aamiin. (at)


Back to Top