Kiswah Kakbah Diganti, Seperti Inilah Selimut Kakbah Tahun Ini yang Telan Biaya Produksi Rp77 Miliar

(gomuslim). Hari ini penggantian kiswah Kakbah yang lama dengan yang baru telah dilakukan. Kain penutup Kakbah yang lama telah diturunkan dan diganti dengan hasil produksi yang lebih mahal dari sebelumnya.

Proses penggantian dilakukan dengan melepas satu per satu kiswah yang menutup empat sisi Kakbah. Sebelumnya, gulungan kiswah yang telah dibawa dari pabrik, ditarik ke atas, lantas seorang pengawas memberikan instruksi pemasangan manakala kiswah telah berada di atap Kakbah. Para petugas yang naik ke atas Kakbah, mengaitkan kiswah yang baru pada kaitan kiswah yang terdapat di atas Kakbah, lantas ikatan kiswah yang lama dilepas.

Pelepasan kiswah tidak serta merta dilakukan dengan gegabah, setelah kiswah yang baru diikat dan dikaitkan dengan pengait kiswah yang lama, kemudian kaitan kiswah yang lama dilepas dan kiswah yang baru diturunkan dari atas ke bawah dengan aba-aba seorang pengawas yang berdiri di tangga elektronik. Pemasangan kiswah dengan metode ini dilakukan oleh petugas professional dari pabrik kiswah, sebab pemasangan kiswah harus presisi dan tidak boleh robek manakala kiswah dibentang dari atas ke bawah.

khklhl

Untuk diketahui, pada bagian atas kakbah terdapat saluran air dari emas yang disebut mizab,maka ketika pemasangan kiswah berlangsung, mizab tidak boleh tertutup oleh kain. Dengan demikian pelepasan dan pemasangan harus dilakukan dengan ketelitian dan konsentrasi tinggi. Penurunan dan pemasangan kiswah pada tahun ini memakan waktu sekitar 5 jam. Sebelum ditutup dengan kiswah yang baru, terlebih dahulu dinding Kakbah disemprot dengan air untuk membersihkan dari debu yang melekat.

kjaldjfaj

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Koran Riyadh dan Mekkah, biaya produksi kiswah tahun ini menghabiskan dana sebesar SAR 22 juta atau sekitar Rp77 miliar. Biaya ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya menghabiskan dana sekitar Rp50 miliar untuk satu kali produksi. Naiknya biaya produksi disinyalir akibat meningkatnya  harga material kiswah yang terdiri dari emas, perak dan kain sutra murni.

Untuk satu sisi Kakbah ditutupi dengan kiswah berbahan sutra  setinggi 14 meter jika diukur dari atas Kakbah ke bawah. Semua bagian dari kiswah tersebut dibuat dengan benang sutra yang telah diberi warna hitam dan dihias dengan sulaman kaligrafi indah berbenang emas murni. Kaligrafi tersebut akan memancarkan cahaya yang berkilau tatkala terkena sinar lampu. Kalimat yang ditulis dengan kaligrafi khusus pada bagian yang terkena lampu adalah Yaa Hayyu Yaa Qayyum, Yaa Rahman Yaa Rahim dan Alhamdulillahi rabbilaalamin.

Tidak cukup hanya di bagian dinding Kakbah saja, pintu bagunan berbentuk kubus ini juga ditutup dengan kain sutra setinggi 6,5 meter dan lebar 3,5. Pada bagian permukaannya tertulis kaligrafi ayat-ayat Alquran dengan sulaman emas dan perak. Dengan demikian kiswah terdiri dari 5 potongan dengan rincian, 4 potong menutup keempat dinding Kakbah dan 1 potong kiswah diperuntukkan khusus untuk menyelimuti pintu Kakbah. Dari 5 potong ini, dirangkai menjadi satu pola jahitan sehingga terlihat menyatu erat menutup Kakbah sebagai pusat kiblat umat Muslim sedunia.

Proses pembuatan kiswah telah melewati beberapa tahap, mulai dari pencelupan benang sutra, penenunan, penggabungan beberapa helai kain, pembuatan perekat kiswah, pembuatan kaligrafi benang emas, pembuatan pengait kiswah dan masih banyak lagi tahap-tahap yang ditempu untuk dapat membuat kiswah yang menelan dana sebesar Rp77 miliar pada tahun ini.

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, selimut raksasa yang menutupi Kakbah dapat terselesaikan dengan baik. Tahap demi tahap dilalui tanpa ada kendala serius yang dapat menghambat pembuatan kiswah. Setiap kaligrafi dan bahan yang akan dibuat, selalu dikonsultasikan dengan Ketua DKM Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdurrahman Sudais. Maka jika terdapat perbedaan lafaz kaligrafi yang ditulis, tentu telah melewati tahap konsultasi terlebih dahulu. Namun secara keseluruhan tidak terlihat perbedaan mencolok antara kiswah yang baru dengan yang lama.

Kiswah pada tahu ini terlihat sedikit berbeda dari sebelumnya, pada permukaan kain sutra hitam terlihat seperti ada sulaman layaknya corak ornament. Dari kejauhan ornament tersebut tidak terlihat namun manakala dari jarak dekat, corak hiasan kiswah tersebut begitu kentara. Selanjutnya pemasangan pada kiswah yang baru ini, tidak sepenuhnya sampai ke bagian bawah Kakbah, pasalnya kiswah tetap ditinggikan sekitar 3 meter dari permukaan laintai seperti yang terlihat sebelumya. Untuk melihat video pemasangan kiswah yang baru dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=S6v7AeajKHo. (fh/Alriyadh/MN)

 

Baca juga:

Kiswah Diangkat Setinggi 3 Meter

Kiswah, Selimut Termahal di Dunia


Back to Top