Netizen Segera Miliki Emoji Hijab Untuk ‘Ngobrol’ Online

(gomuslim).  Pengguna media sosial akan memiliki fitur baru berupa emoticon atau emoji Hijab. Emoji ini akan menjadi emoji pertama yang mewakili fitur laki-laki dan perempuan muslim di jagat dunia maya. Peluncuran emoji muslim tersebut dilakukan oleh Rayouf Alhumedhi, seorang remaja Arab Saudi berusia 15 tahun. Ide pengajuan emoji muslim tersebut adalah bagian dari sebuah misinya untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dan laki-laki Muslim di dunia maya.

Awalnya, Rayouf mengirim proposal kepada Konsorsium Unicode, organisasi yang mengulasa dan mengembangkan emoji baru. Pada proposal tersebut, dia membuat kasus yang kuat untuk memperkenalkan serangkaian emoji hijab, termasuk seorang wanita yang mengenakan hijab dan seorang pria yang mengenakan kopiah.

“Pada era digitalisasi, gambar terbukti menjadi elemen penting dalam komunikasi. Emoji ini bisayang lebih berdampak dan dimanfaatkan dari sebelumnya. Karena kini, jutaan orang menggunakan emoji untuk menyampaikan perasaan, penampilan dan cerita, “ jelas Rayouf, seperti dilansir dari publikasi Huffingtonpost.

Sedangkan, hijab adalah ciri khas yang menonjol dari ketaatan bagi jutaan perempuan Muslim di seluruh dunia. Pada banyak negara mayoritas Muslim, hijab adalah pakaian yang umum. Apalagi,  menurut laporan tahun 2011 dari Pew Research Center, kira-kira 43 persen dari satu juta wanita Muslim di Amerika Serikat memakai penutup kepala (hijab).

Dia juga mengatakan emoji bisa tampak seperti topik sepele tapi orang menggunakan emoji untuk mewakili diri mereka dan kehidupan mereka. Jika dulu emoji untuk pasangan berbeda, emoji untuk orang dengan warna kulit berbeda mendapatkan perhatian dunia dan akhirnya diluncurkan, maka kini saatnya emoji hijab juga diakui. Rayouf  juga mencatat bahwa penutup kepala tidak hanya  untuk Islam. Perempuan di agama Kristen Ortodoks Timur dan beberapa komunitas Yahudi konservatif juga bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki emoji hijab untuk mewakili diri mereka.

Remaja muslim yang tinggal di Jerman ini awalnya juga menulis email ke Unicode tentang idenya beberapa bulan yang lalu, dan berharap pesannya mendapat respn yang baik. Tapi kemudian ia mendengar kembali dari Jennifer  Lee, anggota dari salah satu subkomite kelompok Amerika  yang menawarkan untuk membantunya menyusun proposal.

Proposal tersebut terdiri dari tujuh halaman usulan yang akhirnya juga menarik perhatian Reddit co-founder Alexis Ohanian  yang terdaftar sebagai penulis bersama dengan Alhumedhi, Lee dan seniman grafis Aphelandra Messer.

Untuk membantu Rayouf, Ohanian membuat AMA Reddit untuk menjawab pertanyaan orang tentang emoji tersebut. Banyak pertanyaan yang masuk untuk Rayouf, seperti 'Apakah ada cara kita dapat masuk untuk menunjukkan dukungan kami?', ada juga yang bertanya dengan sedikit konfrontatif - 'Bisakah Anda menjelaskan apa itu hijab dan hijab bukan bagian dari penindasan kepada perempuan?’. Alhumedhi menanggapi dengan mengatakan: "Saya memiliki kekuatan untuk mengendalikan apa yang saya pilih untuk menunjukkan kepada dunia. Walaupun banyak  Orang  yang meragunkan saya dan menatap saya begitu berbeda. Padahal mereka biasanya ingin tahu. Saya menikmati menjawab pertanyaan mereka dan mengajar mereka tentang hal itu dan hijab memberi saya kekuatan.”

Jika disetujui, emoji hijab ini akan tersedia mulai tahun depan dan akan diinisiasi pertama kali ke aplikasi percakapan online Whatsaap. Selain itu, petisi online tentang emoji hijab ini juga bisa didukung oleh semua masyarakat dunia, yaitu www.change.org/p/apple-add-a-hijab-emoji-for-muslims. (fau/huffingtonpost)

 

 

 

 

 


Back to Top