Inilah Daftar Pemenang Anugerah Pariwisata Halal Nasional 2016

(gomuslim). Setelah tahap pemilihan online oleh masyarakat sejak Agustus 2016 lalu, kini Kementrian Pariwisata (Kemenpar) sudah menetapkan penerima penghargaan dari 15 kategori Anugerah Pariwiwsata Halal Nasional 2016. Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Riyanto Sofyan mengatakan para pemenang KPHN 2016 ini juga akan mewakili Indonesia ikut  dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emerat Arab (UEA) pada  Desember 2016 mendatang.

Riyanto menambahkan antusiasme masyarakat juga terlihat pada saat Kemenpar dan TP3H melakukan voting terbuka melalui website www.halaltourism.id  atau tautan: http://www.mlife.id dan http://svy.mk/2bZnYK2,  sejak 26 Agustus hingga 15 September 2016 untuk memilih 111 nominator favorit. Adapun, tambah Riyanto, jumlah peserta mencapai 115.462 atau jauh melampaui target semula yang hanya 50 ribu.

Secara khusus Riyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada 111 peserta yang telah menjadi nominator dan calon peserta sebelumnya yang telah ikut mendaftar namun belum berhasil terpilih menjadi nominator serta kepada seluruh voters dan masyarakat yang memberikan perhatian dan dukungannya untuk KPHN 2016

“Pada ajang WHTA 2016, Indonesia diharapkan dapat berprestasi kembali atau setidaknya meraih prestasi yang sama pada WHTA 2015 dengan meraih tiga awards: World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Betawi Hotel Jakarta),”  jelas Riyanto.

Riyanto menjelaskan ada tiga aspek penting dalam penilaian KPHN 2016  yaitu; profile meliputi profil destinasi atau usaha dan komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman, penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah, dan komitmen yang tergambar dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, sistem operasional; key achievements menggambarkan performance destinasi atau usaha, data pasar dan perkembangannya, capaian dan target pasar, kepuasan konsumen, kinerja keuangan, sistem prosedur dan pembinaan SDM; dan unique aharacteristics merupakan inovasi dan terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim.

Berikut adalah pemenang Anugerah Pariwisata Halal 2016 :

Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Aceh)

Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik:The Rhadana (Kuta, Bali)

Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah, NTB)

Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik: Ero Tour (Sumatera Barat)

Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Wonderful Lomboksumbawa (www.wonderfullomboksumbawa.com)  (NTB)

Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Kawasan Lembah Sembalun (Lombok timur, NTB)

Operator Haji & Umroh Terbaik: ESQ Tours Travel (Jakarta Selatan)

Destinasi Wisata Halal Terbaik: Sumatera Barat

Destinasi Kuliner Terbaik: Sumatera Barat

Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Aceh

Sentra Kuliner Halal Terbaik: Kantin Salman ITB Bandung (Bandung, Jawa Barat)

Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Botani Square (Bogor, Jawa Barat)

Restoran Halal Terbaik: Rumah Makan Lamun Ombak (Padang, Sumatera Barat)

Daya Tarik Wisata Terbaik: Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh, Aceh)

Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik: Ayam Taliwang Moerad (NTB)


Back to Top