Sempat Dikabarkan Batal, Kini Abu Dhabi Buka Pendaftaran Nominasi World Halal Tourism Awards 2016

(gomuslim). Seperti tahun-tahun sebelumnya, dua ajang penghargaan kelas dunia untuk sektor pariwisata akan digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Beberapa negara pun sudah menggelar kompetisi berskala nasional demi menyaring potensi wisata halal di negara masing-masing untuk diikutsertakan dalam perwakilan ajang dunia tersebut. Sempat dikabarkan batal, Abu Dhabi sebagai tuan rumah kini merilis info terbaru bahwa ajang dunia tersebut akan berlangsung Desember 2016 mendatang.

Dua ajang promosi halal terbesar di dunia tersebut adalah International Travel Week (ITW) dan World Halal Travel Summit (WHTS) yang di dalamnya ada penghargaan World Halal Tourism Awards 2016. Sebagaimana terjadwal, publikasi Halalfocus menyebutkan kedua acara tersebut akan berlangsung  pada tanggal 25 sampai 28 November 2016 mendatang di Abu Dhabi. Sebelumnya ITW akan berlangsung pada 21 sampai 25 November di Abu Dhabi Nasional Exhibition Center. Kemudian diundur menjad 25 sampai 28 November hingga akhirnya Abu Dhabi merilis pendaftaran nominasi penghargaan tersebut.

Ajang penghargaan yang ditujukan bagi industri pariwisata halal dan ramah keluarga ini  telah mulai membuka pendaftaran nominasi penghargaan sejak (11/09/2016). Secara total ada 16 kategori penghargaan, di antaranya Best Halal Tour Operator, Best Family Friendly Hotel dan World’s Best Non OIC Emerging Halal Destination.

Executive Organizing Committee Director International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan  dalam publikasi Saudi Gazette mengatakan untuk kedua kalinya World Halal Tourism Awards akan hadir untuk mengapresiasi pelaku terbaik di industri pariwisata halal. Katanya, ajang penghargaan ini akan memberikan tolok ukur untuk pelayanan di industri pariwisata halal dan ramah keluarga.

Pendaftaran nominasi World Halal Tourism Awards akan ditutup pada (14/10/2016) dan diumumkan pada minggu ketiga Oktober 2016. Saat nominasi sudah diumumkan, masyarakat umum dapat memilih pilihan favorit mereka secara online mulai 17 Oktober 2016 sampai 25 November 2016. Selain melalui voting, akan ada pula tim juri independen, yang terdiri dari pelaku industri terkemuka di industri pariwisata halal. Nama pemenang dan runner-up pun kemudian akan diumumkan pada (7/12/2016).

Adapun 16 kategori World Halal Tourism Awards 2016 adalah; World’s Best Airline for Halal Travellers, World’s Best Airport for Halal Travellers, World’s Best Family Friendly Hotel, World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, World’s Best Halal Apartment Hotel, World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Tour Operator, World’s Best Halal Travel Website, World’s Best Halal Cruise Company, World’s Best Halal Honeymoon Destination, World’s Best Hajj & Umrah Operator, World’s Best Hajj & Umrah Hotel, World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary Destination, World’s Best Halal Cultural Destination, dan World’s Best Non OIC Emerging Halal Destination.

Untuk Indonesia, Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata masih melaksanakan kompetisi tingkat Nasional yang telah menjaring ratusan peserta dari berbagai kategori dan dilakukan penilaian online oleh masyarakat lewan laman: www.halaltourism. Sampai pada Rabu (21/09/2016), para pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang terbagi dalam 15 kategori itu diumumkan secara resmi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat. (fau/dbs)

 

 

 

 

 


Back to Top