Gaet Konsumen Muslim, Spanyol Segera Gelar Expo Halal 2016

gomuslim.co.id- Expo Halal Spain 2016 bertajuk Mediterranean, Food, Tourism, and Lifestyle Exhibition di Madrid Spanyol  akan segera berlangsung pada tanggal 10 sampai 11 November 2016. Seperti halnya di Indonesia dan expo halal lainnya, pada gelaran acara tersebut akan mengupas banyak hal mulai dari fashion, industri makanan, sertifikasi halal, travel muslim, hingga keuangan. Panita berharap banyak orang bisa menjadi bagian dari pameran halal terdepan di Eropa ini.

Pengertian halal itu sendiri merujuk pada tindakan yang sehat, baik itu menyangkut layanan dan produk yang diperbolehkan bagi umat Islam. Latar belakang dari acara ini adalah terkait dengan pesatnya pertumbuhan industri halal di Eropa. Hal tersebut memberikan peluang bisnis nasional maupun internasional yang besar di wilayah tersebut.

Dengan populasi lebih dari 44 juta Muslim di Benua Eropa ini, maka pangsa pasar Muslim sangat penting untuk mengembangkan industri halal. Tingginya daya beli dari komunitas muslim menyebabkan industry halal di Eropa mencapai 70 miliar dolar.

Spanyol sebagai salah satu pintu masuk ke Eropa memiliki tradisi Andalusia sangat dekat dengan negara-negara Muslim. Itulah sebabnya, acara ini berlangsung di Spanyol. Selain itu,  Spanyol juga sebagai negara terkemuka di sektor makanan agro, yang telah mencapai nilai 38.000 juta euro, ini merupakan 16,2% dari total ekspor nasional. Lokasinya yang strategis antara Eropa dan Afrika, hubungan baik dengan negara-negara Teluk dan pesatnya pertumbuhan industri Halal Eropa telah mengubah Spanyol menjadi perwakilan yang utama di pasar global Halal.

Dalam Expo Halal tersebut akan mengumpulkan produk dengan kualitas tertinggi dari industri Halal. Tempat ini akan menjadi sebuah titik pertemuan antara pembeli produk halal dengan pemasok yang berada di Timur dan Barat. Fashion, kecantikan, dan kesehatan akan menjadikan konsep halal jauh melampaui industri makanan agro dan berlaku untuk kehidupan sehari-hari umat Islam dan non-Muslim. Munculnya fashionista Muslim menciptakan peluang baru dan tantangan untuk industri pakaian global.

Sertifikasi halal dalam forum ini juga akan dibahas mengenai otoritas standardisasi dan lembaga sertifikasi yang menyasar pasar halal dan menetapkan standar umum. "Halal tidak terkait hanya untuk dunia Muslim. Pertumbuhan pasar halal ini juga harus solid. Untuk mencapai itu, standarnya perlu diterima secara internasional, sehingga semua kalangan dapat lebih memehami konsep halal, " kata Abdulla Abdelqader Al Maeeni General Direktur ESMA (Emirates Standardisasi Metrologi Authority).

Terkait dengan industri makanan dan minuman pengeluaran di dunia Muslim akan mencapai 21,2% dari konsumsi global (2,5 miliar dolar) pada tahun 2019. Produk yang paling banyak dicari adalah: sayuran (50%), makanan olahan (33%) dan produk hewani (17% ). Sedangkan, 85% dari hewan dan daging yang dikonsumsi di negara-negara Muslim berasal dari negara-negara non OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Dalam hal pariwisata, pariwisata Muslim dikeluarkan 140 miliar dolar pada 2013 (11,6% dari jumlah) dan diperkirakan akan mencapai 238 miliar dolar pada 2019 (UNWTO). "Ini adalah salah satu pasar pariwisata paling dinamis,” ungkap John Kester Direktur Tren Pasar di World Tourism Organization (UNWTO). Expo Halal Spanyol 2016 ini juga menyoroti Halal dan Muslim ramah pariwisata: pariwisata tradisional, wisata belanja, kesehatan dan pariwisata medis dan bisnis pariwisata.

Sedangkan dalam hal keuangan, keuangan syariah adalah sebuah model baru dari keuangan etis, adil, dan bertanggung jawab secara sosial. Keuangan Islam adalah cara baru dalam melakukan keuangan, tetapi basis mereka tidak baru atau eksklusif untuk agama Islam: mereka bersifat universal. Perbankan dan keuangan Islam akan memiliki peran penting dalam Expo Halal Spanyol 2016 ini.

Kemudian, untuk sektor jasa. Seiring dengan perkembangan produsen Halal dan pasar global, sektor jasa memiliki spesialisasi dan menempati peran yang meningkat dalam rantai pasokan. Hal tersebut terlihat dari pelabuhan dan perusahaan logistik untuk peralatan penyedia profesional, perusahaan konsultasi dan asuransi, kemasan atau mobil rental, semua layanan Halal dan Muslim Ramah memiliki tempat yang cukup besar dalam ajang Expo Halal Spanyol 2016. (iys/expohalal)


Back to Top