Taiwan Perkuat Promosi Wisata Halal

gomuslim.co.id- Promosi wisata halal terus dilakukan oleh berbagai negara. Tidak hanya negara-negara mayoritas Muslim, tetapi juga dilakukan oleh negara lain. Hal demikian juga dilakukan oleh negara Taiwan. Kebijakan dilakukan untuk menyaring wisatawan Muslim yang tersebar di beberapa negara termasuk kawasan Asia Tenggara.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia Liang-Jen Chang dalam acara perayaan Hari Nasional ROC (Taiwan) ke-105 mengatakan bahwa kebijakan baru pemerintah Taiwan mengarah ke selatan atau disebut dengan New Southbound Policy. Berpedoman kepada pembangunan di segala bidang dan saling menguntungkan. Pengembangan kerja sama bersama 18 negara ASEAN, Asia Selatan dan Australia meliputi bidang ekonomi, pertukaran tenaga ahli dan sumber daya alam.

“Selain itu juga akan dikembangkan kerja sama dengan 18 negara di ASEAN, Asia Selatan, dan Australia. Meliputi kerja sama ekonomi, pertukaran tenaga ahli, berbagi sumber alam untuk menciptakan suatu kawasan ekonomi,” ujarnya beberapa waktu lalu di Hotel Borobudur Jakarta.

Lebih lanjut, Liang-Jen Chang mengatakan kebijakan baru tersebut juga termasuk kemudahan pengurusan visa ke Taiwan, promosi makanan halal dan wisata bagi Muslim, promosi produk Taiwan di luar negeri, meningkatkan pertukaran mahasiswa sekaligus penawaran bea siswa untuk belajar Bahasa Mandarin di Pulau Formosa.

“Kebijakan ini implementasinya termasuk mempermudah regulasi visa ke Taiwan, mempromosikan makanan halal dan pariwisata untuk kaum muslim, serta produk Taiwan di luar negeri, meningkatkan kegiatan pertukaran mahasiswa dan beasiswa belajar bahasa Mandarin di Taiwan,” imbuhnya.

Taiwan saat ini juga mencanangkan pembangunan utama yang inovatif di lima bidang, yakni bioteknologi dan farmasi, pertahanan nasional, energi berkelanjutan, mesin cerdas, serta internet of thing. Taiwan juga mengajak pengusaha Indonesia agar ikut berinvestasi di lima bidang pembangunan ini demi mencapai kesejahteraan ekonomi bersama.

“Berdasarkan kebijakan Pak Jokowi, kebijakan ekonomi dan pendidikannya, kebijakan baru Taiwan ini diharapkan bisa membantu berbagi keuntungan antar-kedua negara, terutama bagi para pemuda,” tuturnya.

Dalam perayaan ini, Taiwan juga menghadirkan pameran produk kreatif negeri tersebut oleh Taitra (Taiwan Trade Center). Guna memperkenalkan berbagai produk high-tech yang inovatif dari Taiwan, dihidangkan pula berbagai kuliner khas Taiwan, seperti bubble tea, Taiwan tea, snow iceplanet popcorn, golden coffee.

Acara tersebut juga memutarkan tayangan yang berjudul "Lighting up, Inspiring Asia", yang memperlihatkan keindahan panorama, sosial budaya, keberhasilan ekonomi politik serta inovasi generasi muda Taiwan.

Sementara itu, menurut Chang, lima bidang pembangunan utama yang saat ini digalakkan oleh Taiwan adalah bioteknologi dan farmasi, pertahanan nasional, energi berkelanjutan, mesin cerdas serta teknologi internet.

Kerja sama tersebut, lanjut dia, dibangun berdasarkan prinsip saling menguntungkan guna menciptakan suatu kawasan ekonomi. Pada perayaan Hari Nasional Taiwan tersebut digelar juga pameran produk kreatif oleh Pusat Perdagangan Taiwan (Taitra) dan promosi keindahan alam, sosial budaya dan ekonomi serta inovasi generasi muda Pulau Formosa melalui tayangan berjudul ‘Lighting up, Inspiring Asia’ atau ‘Mencerahkan, Menginspirasi Asia’.

Sekitar seribu undangan termasuk pejabat pemerintah, legislator, tokoh masyarakat Tionghoa, pengusaha Taiwan hadir dalam perayaan tersebut. (njs/dbs)


Back to Top