Kini Bank Syariah Jadi Lembaga Keuangan Terkemuka di Uni Emirat Arab

gomuslim.co.id- Perbankan syariah di berbagai negara terus mengalami pertumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang ingin menjadi nasabah dan bekerja sama dengan  bank syariah. Sebagai bank yang relatif baru dibandingkan dengan bank-bank konvensional, bank syariah kini menjadi bank yang terkemuka di berbagai negara.

Bank syariah adalah bank yang dalam pengoperasiannya berdasarkan pada hukum Islam atau syariat. Karena berdasarkan hukum Islam, perbankan syariah tidak mengenal adanya 'bunga pinjaman' alias interest rate. Bunga pinjaman dianggap riba dan berdosa. Sedangkan, di bank syariah hanya dikenal sistem bagi hasil atau nisbah yang prosesnya sama-sama diketahui dan disetujui oleh bank dan pihak nasabah.

Dengan menawarkan produk keuangan dan investasi dengan cara yang berbeda, industri perbankan syariah mulai dilirik dan semakin membesar. Tren masyarakat pun juga ikut berubah. Kini semakin banyak orang yang mempercayakan pengelolaan simpanannya pada bank syariah.

Bahkan, karena hal tersebut, saat ini beberapa bank konvensional pun banyak yang beralih menjadi bank umum yang berbasis syariah. Tahun ini, perbankan syariah mulai bangkit mengejar bank-bank konvensional. Hal itu terlihat dari Emirates Islamic Bank yang kini menjadi lembaga keuangan syariah terkemuka di United Arab Emirates (UAE).

Berdasarkan catatan tahunan Emirates Islamic, saat ini ada peningkatan penetrasi, persepsi, pengetahuan, dan minat nasabah terhadap perbankan syariah di UAE. Hal tersebut menunjukan perbankan syariah diterima oleh publik. Pemahaman dan kebutuhan masyarakat terhadap perbankan syariah juga meningkat.

Menanggapi hal tersebut, CEO Emirates Islamic Jamal Bin Ghalaita mengatakan pihaknya telah berusaha mendorong pertumbuhan perbankan syariah di UAE. Banyak berita baik dari hasil survei tahun ini, sebab telah membuktikan ruang lingkup dan kekuatan perbankan syariah terus meningkat.

“Hasil survei sangat menggembirakan, karena daya tarik perbankan Islam berkembang di kalangan nasabah Muslim dan non-Muslim. Hal ini menjadi bukti bahwa bank syariah telah dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Gulftoday, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan potensi dan peluang perbankan syariah akan mendorong pertumbuhan industri masa depan di UAE. Menurutnya, nasabah akan mempertimbangkan untuk memilih perbankan syariah jika manfaatnya sebanding atau lebih baik dari bank konvensional.

Pada periode beberapa tahun yang lalu bank-bank Islam masih jauh tertinggal di belakang bank-bank konvensional. Tertinggal baik dari sisi teknologi, inovasi, dan layanan bagi nasabah. “Pesan untuk bank-bank syariah sangat jelas, kami harus mengutamakan layanan terhadap nasabah dan inovasi teknologi adalah jantung strategi pertumbuhan kami, pada saat yang sama memberikan nilai kepada nasabaha kami,” katanya.

Sementara itu, Global Head of Finance Islamic Moody’s, Khalid Howladar mengatakan saat ini pertumbuhan bank syariah terus melonjak. Bahkan, melampaui bank konvensional yang mengembangkan sistem syariah. “Hal positif bagi perbankan syariah karena terus mengalami peningkatan, terutama di negara-negara yang sudah mengembangkan sistem syariah dalam pengembangan ekonomi negaranya,” ujarnya.

Khalid menambahkan hal peningkatan tersebut karena didorong oleh permintaan ritel yang kuat dan semakin proaktifnya pemerintah dalam mengeluarkan undang-undang yang mengatur industri keuangan syariah. Sektor tersebut juga berpotensi tumbuh berkelanjutan terutama di negara-negara dengan penetrasi aset perbankan syariah masih relatif rendah, yakni antara 5-10 persen dari aset keuangannya. (njs/dbs)


Back to Top