Khazanah Plaza Batam

Ini Keunggulan Mall Berkonsep Syariah Pertama di Indonesia

gomuslim.co.id- Perkembangan gaya hidup halal yang semakin naik daun di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia membuat banyak pelaku usaha melirik pasar konsumen muslim. Hal tersebut terlihat dari banyak inovasi produk halal dari berbagai sektor untuk menunjang kehidupan masyarakat. Salah satunya berupa tempat berbelanja yang mengusung konsep syariah.

Belum banyak pusat perbelanjaan yang mengusung konsep syariah  di Indoensia, satu di antaranya adalah Khazanah Plaza yang resmi dibuka pada April 2015 lalu. Pusat perbelanjaan terkemuka di Kota Batam ini memberikan layanan berupa seluruh produknya bersertifikat halal dan juga dikelola atas prinsip syariah.

Selain itu, pusat perbelanjaan yang berlokasi di kawasan Sukajadi Kota Batam ini juga menyediakan tiga jenis layanan yakni pasar swalayan, busana Muslim dan food court halal. CEO Khazanah Group Deni Deliandri dalam publikasi resmi Halalmui menyatakan bahwa Khazanah Group merupakan lembaga usaha yang berkonsep wakaf. Pada lima tahun pertama, 50 persen keuntungan perusahaan diwakafkan untuk kegiatan sosial. Selanjutnya, memasuki tahun keenam, seluruh keuntungan usaha diserahkan untuk kegiatan amal sosial. Selain berbelanja produk halal, pengunjung juga bisa beramal dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk kegiatan sosial melalui Khazanah Group.

General Manager Khazanah Plaza Eko Shaiful Arifin mengungkapkan, setidaknya ada 10 kekhususan Khazanah Plaza, di antaranya adalah; berkonsep Islami dan profesional, seluruh karyawatinya memakai hijab, seluruh produknya bersertifikat halal, tidak menjual barang subhat, apalagi haram, mengingatkan waktu shalat dan menghentikan kegiatan usaha sementara waktu untuk ibadah shalat, tersedia fasilitas mushala yang sangat memadai, memberikan 50 persen keuntungan usaha untuk kegiatan sosial, pendidikan dan kesehatan pada lima tahun pertama, dan 100 keuntungan pada tahun ke enam dan seterusnya, memiliki ruang yang besar, luas dan nyaman serta memberikan diskon, program undian hadiah setiap tahun, serta halal food court yang bersih dan nyaman serta gerai busana Muslim yang lengkap.

Pendirian plaza berkonsep syariah ini juga disambut baik oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim menyatakan, apa yang dilakukan oleh khazanah Group patut menjadi catatan dan teladan bagi para pelaku usaha di Indonesia. Selain memperhatikan aspek halal, pengelola juga berkomitmen untuk ikut berbagi dengan kaum dhuafa dengan cara memberikan keuntungannya bagi kegiatan sosial, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. "Saya sungguh terharu dengan visi dan misi pengelola Khazanah Group yang tidak hanya berbisnis, namun juga memikirkan kemaslahatan masyarakat demi tabungan di akhirat kelak," pungkas Lukmanul Hakim.

Lebih lanjut, dengan Khazanah Plaza ini, Deny menargetkan konsumen Muslim dan non Muslim yang peduli terhadap produk yang halalan thayiban. Deni mengungkapkan, usaha tersebut ia geluti sejak 2006 di bidang oleh-oleh Khas Batam. Kini, dengan konsep manajemen Islami, Deni berhasil mengembangkan usaha oleh-oleh khas daerah di sedikitnya 10 daerah di Indonesia, antara lain Pekanbaru, Medan, Malang, dan Padang.

Selain makanan khas daerah di bawah PT Indonesia Villa Jaya, Deni juga masuk ke bisnis ritel lainnya melalui bendera Khazanah Group. Lokasinya berada di satu kawasan dengan lembaga pendidikan Islam, masjid, dan pusat bisnis. Hal yang manrik dan bisa dicontoh para pengusaha muslim yang lain adalah sampai tahun ke lima pengelola mewakafkan separuh keuntungannya bagi kegiatan sosial keagamaan, pendidikan dan kesehatan. (fau/mui/dbs)

 

 

 

 


Back to Top