Tarik Investor Arab, Bursa Efek Sarajevo Hadirkan Saham Syariah

gomuslim.co.id - Bursa Efek Sarajevo baru-baru ini meluncurkan indeks saham perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam, Bursa Efek Bosnia ini bekerja sama dengan Bosna Bank International (BBI), untuk memiliki rating indeks Islam pertama di wilayah Balkan yang terjadi dalam konteks peningkatan investasi dari Teluk monarki di Bosnia.

Indeks ini (SASX-BBI) menyatukan 25 perusahaan lokal yang menghormati prinsip-prinsip Islam, tutur direktur Sarajevo Stock Exchange (SASE) Tarik Kurbegovic pada konferensi pers, seperti dikutip dari laman SeeNews.

Dengan demikian, mereka tidak akan menerima atau membayar bunga, dan tidak perlu beroperasi di berbagai koridor yang dilarang oleh Islam, seperti perjudian, pornografi atau perdagangan alkohol, tembakau atau daging babi.

"Indeks ini tidak hadir hanya di dunia Islam. Semua bursa saham utama dunia telah lama memiliki indeks Islam mereka. Tapi kami merupakan pasar saham pertama di wilayah Balkan ini " jelas Kurbegovic.

Seperti dijelaskan di awal, Sarajevo Stock Exchange ini dikembangkan atas kerjasama dengan Bosnia Bank International (BBI), yakni sebuah lembaga yang didirikan di Sarajevo oleh bank Teluk dan memainkan peran penting dalam menarik investor asal Arab Saudi yang memiliki banyak dana untuk dikucurkan di wilayah Bosnia Herzegovina. Sarajevo Stock Exchange dan BBI juga tengah mengumpulkan daftar dari 117 perusahaan lokal yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, dalam rangka untuk menyediakan mereka dengan akses yang lebih mudah untuk investor asing yang ingin melakukan bisnis dalam prinsip-prinsip tersebut.

Beberapa perusahaan yang tergabung kedalam index syariah ini antara lain Boznia Herzegovina Telecom, utilitas listrik Elektroprivreda BiH, pembuat obat Bosnalijek, lengan dan pembuat amunisi UNIS Ginex, utilitas listrik Elektroprivreda HZHB, pabrik semen Tvornica Cementa Kakanj dan perusahaan engineering Energoinvest.

"Dengan langkah ini, kami menempatkan bisnis Bursa Efek dan Sarajevo pada peta investor strategis di dunia dengan fakta bahwa industri halal dunia terus berkembang. Rata-rata peningkatan tahunan di bidang keuangan Islam adalah antara 15% dan 20%," kata direktur Bosnia Bank International Amer Bukvic.

Menurut dia, investasi dari negara-negara Teluk di Bosnia akan tumbuh secara signifikan selama tiga sampai lima tahun ke depan. Sedangkan tujuan dari indeks saham syariah ini adalah untuk mengarahkan dana tersebut khususnya untuk pertanian, wisata dan industri metal dan sektor energi.

Dalam beberapa tahun terakhir, para pengusaha Teluk mulai investasi besar-besaran dalam pembangunan pariwisata proyek real estate atau daerah pemukiman di Sarajevo dan sekitarnya. Proyek-proyek ini terutama untuk pelanggan di negara-negara, wisatawan dan investor.

Untuk diketahui, pada bulan September lalu, sebuah perusahaan asal Uni Emirates Arab (UEA) meluncurkan pekerjaan konstruksi dekat Sarajevo yang disebut sebagai kota wisata terbesar di Eropa Tenggara dan hal semacam itu yang coba diraih lagi dengan diwujudkannya index saham ini dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian warga Bosnia Herzegovina. (ari/dbs)

 

 


Back to Top