10 Nominasi Pariwisata Halal Ini Akan Wakili Indonesia di Ajang WHTA 2016

gomuslim.co.id- Setelah rampung gelaran Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) merilis 10 nominasi destinasi wisata halal yang akan mewakili Indoensia di ajang World Halal Tourism Award (WHTA). Ajang penghargaan WHTA 2016 tersebut akan berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab pada Desember 2016. 

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan dalam rilisnya menyebutkan 10 nominasi tersebut adalah  World's Best Airport for Halal Travellers yang diwakili  Sultan Islandar Muda Airport di Banda Aceh. Selanjutnya, World's Best Family Friendly Hotel oleh The Rhadana Hotel di Bali, World's Best Halal Beach Resort oleh Novotel Lombok Resort & Villas di Lombok, World's Best Halal Tour Operator oleh Ero Tour di Padang, World's Best Halal Tourism Website oleh www.wonderful-lomboksumbawa.com, dan  World's Best Halal Honeymoon Destination Lembah Sembalun di Lombok. Selain itu, World's Best Hajj & Umrah Operator oleh ESQ Travel, World's Best Halal Destination di Sumatera Barat, World's Best Halal Culinary Destination di Sumatera Barat dan World's Best Halal Cultural Destination di Aceh.

Selain 10 pemenang KPHN tersbeut, Kementerian Pariwisata juga merekomendasikan dua kategori lainnya, yaitu World's Best Airline for Halal Travellers kepada Garuda Indonesia  dan World's Most Luxurious Family Friendly Hotel  yakni Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Menpar Arief Yahya mengatakan, perolehan awards dalam ajang WHTA 2016 akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisman dan ini telah dialami destinasi Lombok, NTB.

“Kini, dua Provinsi Aceh dan Sumbar, yang disiapkan sebagai destinasi wisata halal andalan, kita harapkan akan mendapat World's Best Award di WHTA 2016 melengkapi NTB yang lebih dulu pada tahun lalu meraih dua  penghargaan World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Cultural Destination,” jelas Arief dalam keterangan persnya.

Arief  mengatakan Indonesia berpotensi  menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Negeri ini, dia melanjutkan, memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya Nusantara sebagai modal utama yang tidak dimiliki negara lain. "Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan Muslim atau muslim friendly tourism," kata Arief.

Tidak hanya itu, tambah Arief, Indonesia ditargerkan menjadi tujuan pariwisata halal nomor satu dunia pada 2019. Saat ini, wisata halal menjadi fokus Indonesia karena memenuhi syarat 3S , yaitu size, sustainable, dan spread. "Size pasar wisata halal dari 6,8 miliar penduduk dunia, 1,6 miliar di antaranya adalah Muslim dan 60 persen usianya di bawah 30 tahun," ungkap Arief Yahya.

Adapun, ajang penghargaan yang ditujukan bagi industri pariwisata halal dan ramah keluarga ini  telah mulai membuka pendaftaran nominasi penghargaan sejak (11/09/2016). Secara total ada 16 kategori penghargaan, di antaranya Best Halal Tour Operator, Best Family Friendly Hotel dan World’s Best Non OIC Emerging Halal Destination.

Executive Organizing Committee Director International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan  dalam publikasi Saudi Gazette mengatakan untuk kedua kalinya World Halal Tourism Awards akan hadir untuk mengapresiasi pelaku terbaik di industri pariwisata halal. Katanya, ajang penghargaan ini akan memberikan tolok ukur untuk pelayanan di industri pariwisata halal dan ramah keluarga.

Pendaftaran nominasi World Halal Tourism Awards akan ditutup pada (14/10/2016) dan diumumkan pada minggu ketiga Oktober 2016. Saat nominasi sudah diumumkan, masyarakat umum dapat memilih pilihan favorit mereka secara online mulai 17 Oktober 2016 sampai 25 November 2016. Selain melalui voting, akan ada pula tim juri independen, yang terdiri dari pelaku industri terkemuka di industri pariwisata halal. Nama pemenang dan runner-up pun kemudian akan diumumkan pada (7/12/2016). (fau/kemenpar/dbs)

 Baca juga:

Usung Tagline ‘Moslem Friendly Destination’, Begini Persiapan Sumbar Wakili Indonesia di Ajang WHTA 2016

 

Back to Top