Dukung Pendidikan Anak, Komunitas Muslim Ottawa Beri Bantuan Ke Sekolah Umum

gomuslim.co.id- Sejumlah aksi sosial kerap dilakukan oleh beberapa komunitas muslim di berbagai negara. Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok Muslim di Ottawa, Kanada.

Baru-baru ini, Komunitas Muslim Ottawa telah memberikan bantuan dana ke sekolah umum sebesar 23 ribu dolar Amerika. Bantuan tersebut kemudian akan digunakan untuk proyek-proyek khusus seperti membeli sepatu yang digunakan untuk membantu siswa baru mencoba kegiatan sekolah (berkemah, ski atau lainnya). Kegiatan ini hal yang biasa dilakukan di sekolah-sekolah Kanada.

Berkat upaya penggalangan dana dari Amerika Muslim Organizations of Ottawa-Gatineau ini, salah satu sekolah di Ottawa timur dapat menawarkan pengalaman pertama kali ke lebih dari seratus anak-anak Suriah yang mulai sekolah tahun ini di Ottawa timur.

Kepala Sekolah Dasar Carson Grove Irene Cameron mengatakan pengenalan sekolah umum di Kanada perlu dilakukan bagi anak-anak imigran. Hal demikian karena mereka tetap mempunyai hak untuk belajar sebagaimana anak-anak lainnya. “Mereka memiliki satu kaki di satu budaya, dan sekarang mereka memiliki kaki lainnya dalam budaya Kanada,” katanya.

Lebih lanjut, Irene mengungkapkan masih banyak anak-anak yang kurang beruntuk mendapatkan pengalaman berharga seperti ini. “Mereka melihat apa yang terjadi, tetapi dalam beberapa kasus banyak dari siswa baru ini tidak bisa mengikuti pengalaman baru mereka karena beberapa hal,” tambahnya sebagaimana dilansir dari publikasi metrotoronto.

Menurut Irene, siswa baru ini khususnya yang berasal dari negara lain penting untuk melihat dan merasakan budaya sekolah Kanada. Sekolah Carson Grove sendiri, seperti sekolah lain di Ottawa, tidak memiliki relawan sekolah yang menggalang dana tambahan. Hal ini membuat pihaknya mengirimkan sebuah e-mail kepada masyarakat Ottawa untuk memohon penggalangan dana saat sekolah menerima siswa baru.

“Dengan adanya bantuan dari masyarakat, para siswa baru ini memiliki banyak peluang untuk mendapatkan banyak hal. Melalui sekolah inilah peluang itu ada untuk mereka. Kami ingin mengajak anak-anak bermain ski, karena itulah sesuatu yang benar-benar Kanada,” ujarnya.

Sementara itu, Sheema Khan, muslim asal India yang membantu meneruskan email permohonan penggalangan dari sekolah dan mempelopori kegiatan penggalangan dana. Ia mengungkapkan sebagian dari dana yang sudah terkumpul, akan diberikan kepada sekolah-sekolah lainnya yang berada di OCDSB.

“Seluruh anak-anak di Kanada, terlepas dia warga asli maupun imigran harus mendapatkan haknya untuk belajar. Karena ini sangat penting untuk masa depan mereka. Sekolah umum dapat menampung anak-anak, dan untuk penggalangan dana akan selalu kami bantu,” ujarnya.

Bantuan sendiri terkumpul dari beberapa masjid dan asosiasi Muslim yang bersatu. Dana sumbangan akan diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan sosial-ekonomi. “Saya merasa begitu terharu dengan adanya kegiatan ini. hal ini mengingatkan saya ketika saya datang ke negara ini. Kurang lebih keadaan dulu seperti mereka,” katanya.

Khan mengatakan sumbangan ini berasal dari umat Muslim biasa di Ottawa dan Gatineau. Mereka adalah masyarakat yang peduli terhadap kehidupan manusia. “Kita datang sebagai imigran bukan berate tidak punya hak untuk sekolah di sekolah umum. Saya berharap di Ottawa ini tetap menerima anak-anak untuk sekolah, tidak peduli apa latar belakang mereka. Semuanya memiliki harapan yang sama untuk hidup lebih baik,” ujarnya. (njs/dbs)


Back to Top