Otoritas Wisata Halal Dunia Beri Label Halal untuk Tiga Hotel di Indonesia

gomuslim.co.id- Beberapa waktu lalu, Indonesia masuk dalam daftar destinasi wisata halal dalam Global Muslim Travel Index CrecscentRating—sebuah lembaga otoritas terdepan dalam memberikan standar wisata halal di seluruh dunia. Lembaga yang berkantor pusat di Singapura ini, melakukan penilaian  dan akreditasi, penelitian dan konsultasi, pelatihan, ranking dan indeks, juga aktif mengadakan acara dan kerja sama sebagai penyediaan konten wisata halal.

Bukan saja masuk dalam destinasi travel halal, di Indonesia pun tercatat ada tiga  hotel yang telah mendapat pengakuan halal sesuai dengan penilaian CrescentRating ini. Hotel tersebut adalah Rhadana Hotel, Bali, Kenari Residence Pekanbaru, dan Oasis Lagoon, Sanur, Bali. Ketiga hotel ini  telah lolos verifikasi halal. Inilah ketiga hotel yang telah diberi rating halal.

Radhana Hotel

Menurut CrescentRating hotel ini masuk rating 5, artinya hotel ini memberikan informasi mengenai shalat, dan arah kiblat, serta informasi tentang makanan halal dan masjid disekitarnya. Terpenting juga hotel rating 5 ini memiliki dapur dengan sertifikat halal. Berada di lokasi yang strategis, hanya 10 menit ke pantai Kuta, hotel ini punya banyak keunggulan.

Hotel ini telah dikenal memiliki fasilitas halal dan ramah Muslim. Berbagai makanan dan minuman memiliki Sertifikat Halal dari MUI. Sehingga pengunjung khususnya Muslim dapat dengan nyaman menikmati santapan di Kafe de Dapoer atau de Terrace yang kental dengan nuansa tempo dulu. Disekitar hotel pun banyak disajikan makanan halal.

Setiap kamar di hotel ini, disediakan arah untuk shalat. Di tempat mini bar pun tidak ada sama sekali tersaji minuman beralkohol. Pastinya, Masjid pun dekat dengan hotel.  Hotel dengan label halal, pastinya tidak ada diskotik dan tempat perjudian.

Kemudian hotel ini juga hanya 10 menit berkendara dari berbagai tempat perbelanjaan di Legian, dan 15 menit menuju Bandara Internasional Ngurah Rai. Dekat dengan Discovery Mall, Bali Mall Galeria, dan berbagai obyek wisata di Seminyak.

Berbagai fasilitas juga disediakan, seperti akses Wi-Fi gratis di area umum, dan tempat  parkir gratis. Resepsionis selalu ada 24 jam,  hingga layanan penitipan bagasi, antar jemput Bandar, dan laundry. Desain kamarnya pun modern, dengan nuansa yang terasa damai dan nyaman. Kelengkapan lainnya tentu saja AC, TV kabel layar datar, brankas pribadi, dan lemari. Tersedia juga fasilitas membuat kopi atau teh dan minibar di dalam kamar. Kamar mandinya dilengkapi dengan pengering rambut.

Layanan petugas hotelnya pun sangat ramah. Juga ada tempat Fitness centre, tempat penyimpanan yang dijamin keamanannya. Menikmati kolam renang di hotel ini sungguh mengasyikan. Suasana romantis akan tampak bila malam hari, duduk di teras kolam renang. Disamping itu juga ada larangan tidak boleh merokok di dalam ruangan. Hotel yang merupakan Group Rhadana Hospitality Development ini masuk dalam kriteria Modern, Moslem-Frendly, dan Halal. Inilah tempat yang sempurna untuk liburan yang menyenangkan dan halal.

Kenari Residence, Pekanbaru

Hotel yang dibangun tahun 2010 ini, terletak di Jalan Paus, Pekanbaru, Riau. Kenari Hotel diberi rating 4, artinya hotel ini memberikan informasi shalat dan arah kiblat. Disamping juga informasi tentang makanan halal dan Masjid. Kriteria hotel ini punya beberapa tingkat layanan makanan halal, baik pada saat sarapan, atau layanan kamar, tapi kemungkinan belum diverifikasi secara independen oleh otoritas sertifikasi makanan halal.

Kenari Hotel merupakan akomodasi yang letaknya sangat strategis di Pusat Kota Pekanbaru. Dari hotel ini, para tamu dapat menikmati akses mudah ke semua tempat di kota yang aktif ini. Dengan adanya obyek wisata utama kota ini seperti Jembatan Siak, Pembangkit Listrik Teluk Lembu, Pelabuhan Pelindo yang sangat dekat, pengunjung akan sangat tertarik. Juga ada tempat spa yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Fasilitas lainnya, resepsionis 24 jam, layanan kamar, antar-jemput bandara, jasa laundry, jaminan keamanan. Sebagai tambahan, semua kamar tamu memiliki sejumlah kenyamanan seperti akses internet  wifi, kamar bebas asap rokok, AC, dan meja tulis.

Dengan label halal, hotel ini pun tidak menyediakan alkohol, diskotik, juga bukan tempat perjudian. Hotel yang asri dengan taman-taman ini menawarkan pilihan fasilitas rekreasi yang dibutuhkan pengunjung saat tiba di Kota Pekanbaru. Gunakan kesempatan untuk menikmati pelayanan dan fasilitas yang tidak tertandingi di hotel Pekanbaru dengan segala keramahannya dan moslem-frendly.

The Oasis Lagoon Sanur, Bali

Lagi, hotel halal dengan rating 4 ini berada di Bali. Hotel ini masuk dalam kategori Moslem Frendly, menyediakan makanan halal, ada informasi tempat shalat, juga disetiap ruang ada tanda arah kiblat.  

The Oasis Lagoon Sanur, Bali hanya  berjarak 15 menit jalan kaki dari Pantai Sanur. Lalu, hanya berjarak 100 meter dari Kota Sanur, dengan hanya berjalan kaki akan menemukan berbagai pusat perbelanjaan di kota itu. Sementara, dari Bandara Internasional Ngurah Rai bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan berkendara.

The Oasis Lagoon Sanur yang terletak di Jalan Danau Tamblingan tampak memukai dengan kolam renang bergaya laguna. Tak hanya itu, hotel di Sanur bintang 4 yang luas ini menawarkan layanan kamar 24 jam dan balkon pribadi dengan dekorasi kayu yang unik. Tentu saja ada Wi-Fi gratis, jadi bisa selancar di dunia maya sepuasnya.

Dengan jumlah 126 kamar, semuanya berpendingin, dengan lantai keramik. Desain interior minimalis, desain inovatif yang menandai era baru dalam arsitektur Bali, menggabungkan antara tradisi dengan dekorasi yang memikat. Dengan memanfaatkan kayu jati daur ulang yang berasal dari Jawa, hotel ini menyajikan suasana tropis yang alami. Di kamar juga  dilengkapi TV layar datar dan brankas pribadi. Kamar mandi pribadinya dilengkapi dengan pengering rambut dan fasilitas shower.

The Oasis Lagoon Sanur juga dapat membantu Anda merencanakan perjalanan wisata selama di Bali. Hotel bintang 4 yang dibuka pada bulan Juli 2011 ini, menawarkan berbagai pengalaman hiburan unik seperti spa, kolam renang, pusat kebugaran, kolam renang anak. (iys/dbs)


Back to Top