'Book Halal Homes' Referensi Perjalanan Wisata Untuk Muslim Traveler

gomuslim.co.id- Jumlah traveler Muslim yang berkunjung ke seluruh dunia semakin meningkat. Menyadari hal itu, sebuah platform online yang berbasis di London menyediakan Book Halal Homes untuk wisatawan Muslim. Portal  halal ini ingin menggaet konsumen Muslim di seluruh dunia yang mencapai 1,8 miliar. Perusahaan ini berencana membangun basis di Dubai dan Kuala Lumpur  karena kedua negara ini pada tahun 2017 akan menjadi hub wisata halal. 

"Sebagai seorang wanita Muslim, saya merasa lebih aman, dan jauh lebih bisa menikmati waktu saya sendiri, ketika berada di rumah. Tentu berbeda ketika kita ada di sebuah hotel yang bising, dan tidak sesuai dengan keinginan kita,” kata Pendiri dan CEO Book Halal Homes, Karima Bihaki, seperti dilansir dari publikasi HalalFocus. 

Website Bookhalalhomes.com adalah sebuah portal yang pertama kali menyediakan layanan berbasis wisata khusus untuk Muslim.  Website ini memudahkan para pelancong  yang ingin  mencari akomodasi Halal,  baik dalam waktu lama atau singkat.  Pasar pariwisata halal, pernah dipandang memiliki keterbatasan, yaitu hanya berupa  keberangkatan ke Arab Saudi untuk Naik Haji menjalankan ibadah. Namun, kini wisata religi, mengalami perluasan makna, yaitu untuk memenuhi orang-orang yang melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk bisnis dan liburan tapi tetap mengutamakan kehalalan baik makanan maupun tempat.

Terkait dengan membangun basis di Dubai  Karima Bihaki,mengatakan, kita perlu melihat Dubai sebagai hub dari potensi wilayah yang tertinggi. Setelah peluncuran 'Dubai The Capital Ekonomi Islam' proyek  yang visioner dibawah kepemimpinan  Yang Mulia Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, menjadikan Dubai magnet bagi investasi Halal.

“Dalam  acara Halal Travel 2016 disebutkan bahwa   wisatawan Halal menyoroti tiga hal utama yang merupakan pendorong utama wisata ini, yaitu, kehadiran budaya disuatu tempat, kebutuhan akomodasi, dan preferensi aktivitas,” Kata Karima.

Lebih lanjut ia menjabarkan, pada tahun 2020, diperkirakan angka pariwisata halal mencapai  150 juta volume wisatawan  yang menghabiskan sekitar $ 200 miliar. Karena itu, banyak peluang industri untuk memenuhi keinginan para pelancong ini.  Traveler  yang bebergian sendiri,  tidak perlu risau, karena dengan adanya website ini dapat mencari  teman perjalanan yang tentu saja  halal. Sedangkan bagi pelancong bisnis juga memiliki pilihan dalam mencari lingkungan kerja yang  ramah  Muslim dan halal.

Akomodasi  yang tersedia dalam laman Bookhalalhomes.com, bukanlah agen akomodasi  atau agen perjalanan. “Hanya rata-rata orang yang memiliki ruang yang tidak terpakai atau punya aset yang kurang dimanfaatkan, sehingga mereka menawarkan kepada wisatawan dari komunitas Muslim yang mencari pilihan liburan halal,” terang Karima, yang mendirikan usaha selama lebih dari 15 tahun di Inggris, Dubai, Malaysia, Maroko, Belanda dan Aljazair.

Karima yang telah menjalankan bisnis konsultasi pasar Islam di London ini mengakui bahwa  Muslim punya kebutuhan yang lebih dalam  akomodasi liburan  yang ramah Muslim.  Sebagai seseorang yang, selama bertahun-tahun menjadikan rumahnya tempat akomodasi jangka pendek, Karima ingin berkontribusi pada pasar travel Islam, umumnya ingin lebih dalam lagi memahami  ekonomi Islam.

Dalam Book Halal Homes, akomodasi yang terdaftar diwajibkan memenuhi  kriteria tertentu, seperti makanan halal, minuman non-alkohol, daerah bebas rokok, kolam renang pribadi dan spa, fasilitas shalat , fasilitas rekreasi untuk bepergian pria, wanita atau keluarga dan fasilitas bisnis untuk pelancong bisnis.

Book Halal Homes yang berdiri tahun 2015 di London, Inggris,  memiliki misi untuk menciptakan hubungan yang  penuh makna pada  tujuan Muslim Friendly. Disamping itu, membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik di seluruh dunia, sehingga wisatawan Muslim merasa aman, justru dimana pun serasa di rumah sendiri.  Karima dan keluarganya telah bepergian untuk liburan maupun bisnis selama bertahun-tahun, karena itu ia menyadari betapa sulitnya menemukan akomodasi yang tepat, dalam mempertahankan nilai-nilai Islam dan cocok untuk seluruh keluarga.

Book Halal Homes yang merupakan pasar komunitas online terbesar didalamnya akan menemukan dan memesan akomodasi Muslim di seluruh dunia, bahkan bisa dari ponsel.  Baik untuk menginap jangka panjang, liburan akhir pekan, dengan pilihan berbagai variasi, rumah, kamar, apartemen, atau villa. Jadi bisa menikmati dan mengeksplorasi  tanpa mengorbankan nilai atau keyakinan Islam.  

"Kami membawa wisatawan ke lingkungan di mana mereka dapat menjelajahi dan hidup seperti penduduk setempat, para tamu menggunakan bisnis lokal di lingkungan mereka, seperti halal restoran dan masjid setempat. Di website ini  juga  menyediakan perjalanan untuk mencari ridha Allah dengan pergi Haji & Umrah, ” kata Karima yang selama 10 tahun terakhir telah membantu lebih dari 300 usaha kecil dan menengah di seluruh dunia ini. (iys/halal focus)

 


Back to Top