Pemerintah India Ingin Perbanyak Populasi Muslim

gomuslim.co.id– Saat ini, di berbagai belahan dunia populasi umat muslim telah menyentuh angka 1.8 miliar jiwa, dengan angka sedemikian banyak, tentunya akan meningkatkan banyak potensi dari umat muslim di berbagai aspek kehidupan, dan yang terhangat adalah sektor ekonomi Islam yang mulai meningkat dengan industri halalnya.

Fenomena ini menghadirkan program unik yang tengah dirancang oleh pemerintah India. Pemerintah negara Bollywood ini sedang mempersiapkan sebuah rencana aksi terpadu untuk pengembangan holistik minoritas Muslim yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan. Pemerintah mengusulkan untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada umat Islam yang kurang mampu, setara dengan lembaga pendidikan perusahaan dan menawarkan kesempatan politik dan ekonomi secara proporsional dengan warga masyarakat lainnya di negara tersebut.

Dilaporkan Hans India (13/10) Pemerintah India juga ingin meningkatkan representasi umat Islam di badan legislatif dan menunjuk jumlah direksi yang lebih banyak di perusahaan dan badan-badan yang berpengaruh lainnya. Selain itu, pemerintah India juga tengah mengusulkan untuk membuat ketersediaan pinjaman yang bebas bunga kepada para wiraswasta muslim.

Menyatakan hal ini setelah pertemuan panjang selama empat jam dengan legislator Muslim dan pemimpin dari partai minoritas di India yakni Telangana Rashtra Samiti (TRS), sebuah di rumah pertaniannya. Lebih lanjut, Ketua Menteri Negara bagian India Talangana K Chandrashekar Rao mengatakan pemukiman minoritas (Gurukulams) yang didirikan baru-baru ini di India menerima tanggapan yang luar biasa karena permintaan kursi di sekolah-sekolah telah meningkat dalam waktu singkat.

Dia mengatakan, pemerintah akan mendirikan 500 lembaga-lembaga tersebut dalam empat tahun ke depan. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa langkah-langkah yang diambil dikarenakan banyaknya angka putus sekolah di lembaga pendidikan dan berencana untuk meng-upgrade beberapa sekolah akademi dei terciptanya para tenaga kerja yang memiliki standar tinggi serta menurunkan angka putus sekolah. Pemerintah juga telah menyediakan 100 persen biaya penggantian kepada siswa minoritas yang bergabung pada kursus profesional.

Selain itu, untuk memperkuat posisi umat muslim di panggung politik, Kalvakuntla Chandrashekar Rao atau yang kerap disapa KCR ini menegaskan bahwa satu kursi Rajya Sabha yang merupakan salah satu majelis tertingi di pemerintahan India akan diberikan kepada masyarakat selama pemilu dua tahunan yang akan digelar tahun depan. Beberapa Ketua Corporation dan Direktur juga akan disediakan untuk mereka yang makin menegaskan bahwa ada kebutuhan untuk meningkatkan representasi Muslim di tubuh legislatif.

Sementara itu, terkait bank yang telah berhenti memberikan pinjaman untuk skema wirausaha, Menteri Kepala mengatakan pemerintahnya sedang melakukan upaya untuk memberikan pinjaman kepada para pemuda yang berwirausaha dengan 90 persen subsidi langsung. Sebuah sel monitoring untuk mengawasi pelaksanaan semua skema ini juga kemungkinan akan dibuat, ia menambahkan. Agama Islam sendiri merupakan agama terbesar kedua di India, namun jika dilihat dari populasi, jumlah umat Islam di negara tersebut masih terolong minoritas. (ari/dbs)


Back to Top