Bersyiar Keliling Kota, DEBU Ajak Anak Muda Cinta Islam Lewat Program Masjid Kita

gomuslim.co.id- Banyak cara dilakukan masyarakat untuk mengisi waktu di Sabtu malam. Kebanyakan mereka mengisi weekend di mall, tempat wisata, atau yang lainnya. Hal berbeda dilakukan oleh para remaja Masjid Annur Gandul, Cinere, Depok Jawa Barat. Pada Sabtu (15/10/2016), malam minggu di Masjid tersebut ramai dengan kehadiran program Masjid Kita oleh kelompok musik DEBU asal Amerika Serikat.

Grup musik religi yang beranggotakan delapan orang tersebut memulai program Masjid Kita ini sejak September 2016. Untuk program perdananya, DEBU bekerja sama dengan berbagai pihak dengan menyelenggaraan berbagai kegiatan keagamaan di kota Depok. Kota belimbing ini akan disambangi di 63 Masjid yang merupakan jumlah kelurahan di Kota Depok.

Pada sela-sela acara Masjid Kita di Masjid Annur Gandul, Cinere tersebut, sang Leader DEBU Mustafa bercerita kepada gomuslim tentang program dakwah berkeliling Masjid ini.  Kata Mustafa, program Masjid Kita ini awalnya memang diinisiasi leh DEBU. Tapi kemudian, banyak pihak yang ikut bantu dan kerja sama, salah satunya Pemerintah Kota Depok yang memang punya misi untuk menciptakan Depok kota yang unggul dan religius.

“Masjid Annur Gandul Cinere ini adalah Masjid ke-22 tempat singgah kami dalam program Masjid Kita sejak September 2016. Intinya, program ini adalah ingin menciptakan keramaian di Masjid dan menarik minat anak-anak muda agar lebih mencintai Masjid, “ jelas Mustafa.

Alasannya, tambah Mustafa, dulu di zaman Rasulullah Muhammad SAW., masjid menjadi tempat untuk umat Muslim berkumpul dan berdiskusi soal masalah umat, mulai dari strategi perang, hukum Islam, urusan keluarga, dan hal lainnya. Karena itu, program Masjid Kita ingin mengajak umat Muslim kembali lagi ke Masjid sebagai tempat silaturahmi dan beragam kegiatan, tidak hanya tempat beribadah ritual, seperti shalat dan pengajian.

Pada kesempatan tersebut, Mustafa juga menjelaskan bahwa main goal dari program Masjid Kita ini adalah membangun miniatur 99 Masjid dari 86 negara dunia di tanah seluas 215 hektar di kawasan Bogor, Jawa Barat.

“Program miniatur masjid ini ingin kami buat seperti Disneyland atau Taman Mini, tapi versi Islam Indonesia yang bisa jadi hal yang membanggakan. Lewat program Masjid Kita di banyak kota nantinya untuk mengarah ke tujuan utama kami ini. Untuk mengingatkan mereka, khususnya anak-anak muda Indonesia lebih mencintai Masjid. Meskipun ini planning besar di lima atau tujuh tahun ke depan, tapi kami tetap optimis dengan berserah kepada Allah, “ pungkasnya.

Selain pertunjukan musik religi oleh DEBU, program Masjid Kita ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya adalah Tausiyah dan Talkshow, juga berbagai kegiatan lomba, yaitu lomba marawis dan hadroh, fashion hijab, adzan, mewarnai, menggambar, serta bazaar  islami. Acara Masjid Kita ini akan melakukan final dari lomba-lomba tersebut pada acara puncak di Masjid ke-63 pada 18 Desember 2016 mendatang. Setiap pekannya, Masjid Kita akan berlangsung pada hari Selasa, Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu. Tidak hanya di Depok, tahun 2017 DEBU akan merancang waktu untuk keliling Indonesia lewat program Masjid Kita ini. Informasi lebih lengkap tentang program Masjid Kita bisa diakses di akun instagram @masjidkita_99. (fau)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Back to Top