Nadiya Hussain Jadi Hijaber Pertama yang Tampil di Televisi Inggris

gomuslim.co.id- Nama Nadiya Hussain dikenal masyarakat Inggris setelah dia menang dalam kontes membuat roti The Great British Bake Off. Prestasi yang ia dapatkan pada sebuah acara yang disiarkan oleh stasiun televisi BBC ini menjadikannya sebagai insipirator Muslim yang berani menunjukkan dirinya di depan publik.

Saat ini, Stasiun televisi BBC telah melakukan kesepakatan bersama Nadiya untuk membuat acara The One Show dan proyek lainnya. Hal ini sekaligus menjadi akhir spekulasi akan bergabungnya wanita muslimah ini pada program Channel 4.

Seperti dilaporkan The Guardian, beberapa waktu lalu, Nadiya kemungkinan bisa saja menjadi presenter atau juri dalam kompetisi The Great British Bake Off yang telah dipindahkan ke stasiun Channel 4. Apalagi setelah bintang Mel Giedroyc dan Sue Perkins serta juri Mary Berry ikut hengkang dari BBC.   

Dalam sebuah penampilan di BBC Breakfast akhir bulan lalu, Nadiya mengatakan tidak menerima tawaran dari Channel 4. Namun ini tidak menutup kemungkinan dia akan terlibat dalam program tersebut.

"Saya senang untuk mengumumkan bahwa saya akan terus berkarya untuk BBC serta mengembangkan ide-ide program menarik lainnya. Saya tidak pernah berpikir ini akan terjadi, tapi saya harus mengakui, saya akan menerimanya, " kata Nadiya.

Untuk diketahui, Channel 4 sendiri telah banyak dikritik oleh publik. Hal ini disebabkan karena mereka dianggap tidak bisa menjamin bintang-bintang terkemuka untuk menetap dalam program tersebut. Sementara Juru bicara Channel 4 juga sempat mengatakan, pihaknya memang tidak atau belum melakukan pendekatan kepada Nadiya atau lainnya.

The Great British Bake Off sendiri telah disiarkan di BBC sejak tahun 2010 silam, akan tetapi menurut laporan dari Telegraph, perusahaan tidak akan mempertahankan program tersebut karena mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk memepetahankan program ini.

BBC diduga telah mempertimbangkan suatu acara untuk menggantikan The Great British Bake Off. Acara tersebut nantinya akan menjadikan Nadiya sebagai presenter. Kemenangan serta daya tariknya pada program tahun lalu menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi BBC untuk memilih Nadiya.

BBC sendiri menolak untuk mengatakan apakah kesepakatan itu eksklusif atau tidak. Akan tetapi dalam sebuah pernyataan Nadiya sempat menyatakan BBC sebagai 'rumahnya'.

"Saya percaya bahwa menjadikannya seperti rumah sendiri memberi saya ruang lingkup untuk bekerja dengan baik di berbagai unik proyek yang beragam dan menarik." Tukas Nadiya.

Sementara itu, Charlotte Moore, Direktur Konten BBC, menambahkan, Nadiya menarik bakat baru dan itu sangat bagus untuk mengembangkan kreativitas karena dia telah memenangkan Bake Off tahun lalu.

"Dia memiliki kehangatan dan karisma yang besar serta kemampuan alami untuk terhubung dengan khalayak ramai. Saya benar-benar melihat ke depan untuk menjelajahi wilayah dan perspektif baru dengan dia, " tutur Moore. (ari/dbs)


Back to Top